Ciri-ciri Sesak Napas ketika Terpapar Covid-19

    Kumara Anggita - 26 Maret 2020 16:04 WIB
    Ciri-ciri Sesak Napas ketika Terpapar Covid-19
    Sebenarnya ada istilah medis untuk sesak napas yaitu dispnea. Ini biasanya digambarkan sebagai pengetatan yang intens di area dada Anda. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Gejala umum yang dirasakan para pasien covid-19 antara lain demam, batuk, dan sesak napas. Gejala ini membuat beberapa orang bertanya, sesak napas seperti apa yang dirasakan ketika terkena covid-19? Apakah rasanya seperti baru berlari atau apakah sesak ini muncul tiba-tiba lalu hilang dan lain-lain.

    Dilansir daari Prevention, sebenarnya ada istilah medis untuk sesak napas yaitu dispnea. Ini biasanya digambarkan sebagai pengetatan yang intens di area dada Anda. Rasanya Anda seperti "lapar" terhadap udara, mengalami kesulitan bernapas, atau merasa sesak napas, kata American Lung Association (ALA).

    "Rasanya seperti Anda tidak mendapatkan udara yang cukup," tambah David Cutler, M.D., dari Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California.

    Bagaimana Anda bisa tahu jika Anda benar-benar mengalami sesak napas?

    Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menentukan apakah Anda mengalami sesak napas. Salah satunya adalah melihat seberapa baik Anda bisa bernapas ketika Anda berbicara. 

    "Ketika saya memiliki seorang pasien yang tidak dapat merangkai beberapa kata tanpa mengambil napas, saya khawatir mereka mengalami sesak napas," kata Dr. Boling.

    “Juga, jika Anda hanya duduk-duduk, menonton TV, dan Anda merasa seperti tidak bisa mendapatkan udara yang cukup, Anda mungkin mengalami sesak napas,” ujarnya,

    Purvi Parikh, M.D., seorang ahli alergi dengan Alergi & Jaringan Asma menambahkan, hal yang sama berlaku jika Anda biasanya dapat berjalan di sekitar tempat Anda atau melakukan tugas-tugas tanpa masalah dan tiba-tiba sekarang perlu menarik napas sebelum dan saat mengerjakannya.

    Itulah arti sesak napas yang sesungguhnya. Hubungi pelayanan kesehatan setempat untuk berkonsultasi lebih lanjut bila Anda merasakannya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id