Ibu Menyusui Suspek Covid-19 Amankah Memberi ASI?

    Yatin Suleha - 29 Mei 2020 18:05 WIB
    Ibu Menyusui Suspek Covid-19 Amankah Memberi ASI?
    Amankah ibu menyusui yang menjadi suspek covid-19 memberi ASI? Simak informasi berikut ini. (Foto: Pexels.com)



    Jakarta: Air susu ibu merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjelaskan bahwa jadwal menyusui bayi baru lahir sebaiknya sekitar 8-12 kali dalam sehari. Sementara untuk rentang waktu dalam sekali menyusui, bayi biasanya membutuhkan kurang lebih 10-15 menit. 

    Pemerintah mengikuti rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menyarankan ibu menyusui bayinya selama enam bulan penuh untuk menghindari alergi dan menjamin kesehatan bayi yang optimal.

     



    Dalam situasi pandemi covid-19 seperti sekarang ini apakah aman memberi ASI pada bayi bila ibu terinfeksi atau suspek virus korona?

    Dalam laman resmi pemerintah untuk covid-19 yaitu Covid19.go.id disebutkan semua ibu yang tinggal di wilayah terpengaruh atau memiliki risiko, khususnya yang menunjukkan gejala demam, batuk dan sesak napas harus mencari pengobatan secepat mungkin dan mengikuti perintah tenaga kesehatan. 

    "Karena pentingnya pemberian ASI, ibu yang sedang menyusui dapat melanjutkan ASI sambil terus melakukan tindakan-tindakan pencegahan. Sebagaimana virus-virus pernapasan yang lain, virus korona baru tidak menular melalui cairan ASI," terang situs yang dikembangkan oleh Tim Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat untuk Penanggulangan covid-19 ini. 

    Lebih lanjut disebutkan, bagi ibu atau siapapun yang mengalami gejala demam, rasa lelah dan batuk kering, yang perlu berinteraksi dengan anak, perhatikan hal-hal berikut.

    1. Gunakan masker saat berada dekat anak (termasuk saat memberi ASI)
    2. Cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah kontak dengan anak (termasuk memberi ASI)
    3. Bersihkan permukaan benda-benda yang tersentuh tangan dengan lap, tisu atau cairan disinfektan
    4. Bila ibu terlalu lemah, sebaiknya perah ASI dan berikan pada bayi dengan cangkir atau sendok bersih, sambil tetap mengikuti tindakan-tindakan pencegahan di atas. 

    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id