Delapan Perubahan Fisik Wanita Pasca Melahirkan

    Torie Natalova - 09 Oktober 2018 16:12 WIB
    Delapan Perubahan Fisik Wanita Pasca Melahirkan
    (Foto: Daily Express)
    Jakarta: Setelah melahirkan, wanita tak hanya mengalami perubahan secara psikologis, tetapi juga fisik. Perubahan fisik tak hanya terlihat dari perut yang kendur. Berikut perubahan yang terlihat selama hamil seperti dilansir dari The List.

    1. Payudara membesar
    Setelah melahirkan, payudara penuh dengan susu. Rasa sakit bisa terjadi ketika payudara membengkak dan juga ketika menyusui. Jika Anda tidak menyusui, nyeri bisa berlanjut hingga tubuh Anda berhenti memproduksi susu. 

    2. Sembelit

    Hormon kehamilan dapat memengaruhi usus Anda, termasuk beberapa obat yang diresepkan setelah melahirkan. Gerakan usus biasanya berlanjut dalam beberapa hari pertama setelah melahirkan.

    3. Rambut rontok

    Berbeda dengan saat hamil, setelah melahirkan rambut akan mengalami rontok. Ini karena ketika hamil rambut mulai tumbuh subur, dan setelah melahirkan akan rontok karena penurunan hormon estrogen yang signifikan.

    4. Nyeri di organ intim

    Saat melahirkan secara normal, organ intim wanita akan terasa menyakitkan. Sekitar 65 persen wanita yang melahirkan normal bahkan membutuhkan jahitan untuk memperbaiki bagian vagina yang terluka. 

    5. Berkeringat

    Banyak ibu baru mengalami keringat berlebih di malam hari. Ini karena semua hormon kehamilan masih ada dalam tubuh Anda.

    6. Pembengkakan

    Selama kehamilan, tubuh Anda menahan cairan ekstra untuk membantu persalinan. Inilah sebabnya banyak wanita mengalami pembengkakan di kaki, tangan dan wajah. Minum banyak air putih dapat membantu sistem tubuh kembali normal.

    7. Keputihan

    Setelah melahirkan, tubuh kehilangan semua jenis darah dan jaringan yang ada dalam rahim selama kehamilan. Awal setelah melahirkan, Anda mungkin akan mengeluarkan darah seperti haid bahkan beberapa gumpalan darah. Namun, seiring waktu alirannya akan berkurang dan menghilang.

    8. Masalah kandung kemih

    Inkontinensia urine dapat terjadi pada banyak ibu baru. Melahirkan dapat memperlemah otot-otot dasar panggul sehingga menyebabkan Anda sulit menahan buang air kecil.







    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id