Cara Memilih Produk Perawatan Kulit bagi Penderita Eksim

    Raka Lestari - 28 November 2019 14:04 WIB
    Cara Memilih Produk Perawatan Kulit bagi Penderita Eksim
    Produk perawatan kulit yang dipilih pun harus berhati-hati agar eksim yang diderita tidak semakin memburuk. (Ilustrasi/Pexels).
    Jakarta: Eksim atau eczema dapat menyebabkan kulit merah, gatal, dan bersisik. Biasanya terjadi di lipatan tubuh seperti siku dan lutut yang terkadang bisa membuat kulit menjadi perih dan mengelupas. Eksim juga bisa terjadi pada anak-anak, terutama di bagian dalam lengan, kaki, dan beberapa tempat lain.

    Ketika seseorang menderita eksim, produk perawatan kulit yang dipilih pun harus berhati-hati agar eksim yang diderita tidak semakin memburuk.

    “Kalau kulit eksim itu intinya adalah barrier kulit yang tidak utuh. Barrier kulit sendiri ibaratnya itu sebagai benteng bagi kulit,” ujar Dr. Inneke Jane Hidajat, SpKK,M.Kes., seorang dermatologist, pada acara konferensi pers N’Pure Marigold, di kawasan Jakarta Selatan,Rabu, 27 November 2019.

    Menurut Dr. Inneke, untuk mengatasinya perlu menggunakan pelembap yang aman untuk kulit dan pilih yang mengandung ceramide. “Pelembap yang mengandung ceramide itu adalah pelembap-pelembap yang sesuai untuk orang eksim karenan memang orang yang mengalami eksim itu karena kekurangan ceramide-nya. Kalau biasa jangan yang mengandung pewangi dan juga tidak menggunakan pengawet,” paparnya.

    Selain pelembap, untuk mengatasinya juga bisa menggunakan steroid. “Kalau steroid itu mengatasi eksim yang berat. Bukan tidak boleh tetapi harus di bawah pengawasaan dokter. Tetapi begitu sudah teratasi harus dibantu dengan perawatan yang lain karena steroid pada jangka panjang memiliki efek samping kulit nanti lebih kusut dan jadi lebih tipis,” tutur Dr. Innekee.

    Menurut Dr. Innekee, pada dasarnya itu eksim adalah reaksi inflamasi yang berlebihan. "Jadi kita meredakan reaksi inflamasi,  otomatis sistem pertahanan kulit akan turun sehingga akan mudah infeksi. Dan ketika diberikan steroid terus menerus maka lama kelamaan kulitnya tidak respon lagi terhadap steroid itu, jadi kebal,” ujarnya.

    Namun memang Dr.Inneke menambahkan bahwa penggunaan obat di Indonesia masih tergolong mudah sehingga sangat mudah membeli obat tanpa pengawasan dokter.

    “Selain memilih produk perawatan yang tidak kalah penting alam mengobati eksim adalah obati ke dokter, turuti saran dokter untuk melakukan kontrol agar bisa dilihat kondisi kulitnya harus diapakan,” tutup Dr. Inneke.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id