Makanan-makanan yang Harus Dihindari saat Menstruasi

    Raka Lestari - 23 Agustus 2019 17:10 WIB
    Makanan-makanan yang Harus Dihindari saat Menstruasi
    Beberapa jenis makanan tertentu tidak hanya kurang menutrisi tubuh Anda ketika menstruasi, tetapi juga bisa membuat sakit perut Anda bertambah buruk. (Foto: Pixabay)
    Jakarta: Sakit perut yang dialami pada beberapa hari pertama menstruasi adalah hal yang tidak membuat nyaman. Dan, salah satu yang perlu Anda waspadai berkaitan dengan sakit perut yang berkaitan dengan menstruasi adalah makanan yang Anda konsumsi.

    Beberapa jenis makanan tertentu tidak hanya kurang menutrisi tubuh Anda ketika menstruasi, tetapi juga bisa membuat sakit perut Anda bertambah buruk. Untuk itu ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari ketika sedang menstruasi:

    -Makanan instan

    Beberapa jenis makanan cepat saji seperti piza bisa menyebabkan menstruasi bertambah buruk. Tubuh akan menjadi lebih sensitif saat menstruasi. Mengonsumsi makanan yang tidak jelas bahan-bahannya bukanlah ide yang baik.

    "Tubuh sudah bekerja keras, dan sebaiknya Anda tidak menambah beban tubuh untuk bekerja keras," ujar Dr Michele Barton, PhD, founder Health Psychology & Wellness Center di Behavioral Associates.

    -Makanan porsi besar

    "Saat menstruasi, sinyal-sinyal yang memberi tahu otak bahwa Anda sudah kenyang akan mengalami sedikit keterlambatan," ujar Barton.

    Hal ini menyebabkan Anda terus mengonsumsi makanan meski sudah kenyang. Sehingga dapat menyebabkan rasa tidak nayaman dan masalah-masalah lain. Selain itu juga dapat memperparah kram perut.

    -Makanan yang tinggi lemak

    Walaupun daging merah merupakan sumber zat besi yang baik, mengonsumsi daging berlemak sebenarnya dapat membuat Anda merasa lebih buruk selama haid karena dapat menyebabkan kram, kembung, dan jerawat.

    Menurut Livestrong, makanan dengan lemak tinggi dapat memengaruhi hormon Anda. Hindari makanan yang dibuat dari daging sapi, produk susu, dan burger berlemak.

    -Gorengan

    Gorengan merupakan makanan yang sangat enak dan banyak orang menyukainya. Namun ketika Anda sedang menstruasi sebaiknya hindari mengonsumsi gorengan karena makanan -makanan yang digoreng ini. Sebab bisa menyebabkan perut Anda kembung dan kram perut ketika tubuh Anda mencerna berbagai jenis gorengan tersebut.

    -Makanan berbahan dasar susu

    Menurut huffingtonPost, mengonsumsi makanan yang berbahan dasar susu dapat memicu kram perut saat menstruasi karena pada umumnya mengandung asam arakidonat, yang memicu terjadinya kram. Cobalah menukarnya dengan oatmilk, almond milk, atau susu kedelai sebagai gantinya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id