4 Efek Berbahaya jika Mengonsumsi Air Lemon Berlebihan

    Raka Lestari - 25 September 2020 16:04 WIB
    4 Efek Berbahaya jika Mengonsumsi Air Lemon Berlebihan
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: Air lemon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari mencegah dehidrasi, melancarkan pencernaan, sampai mendukung penurunan berat badan. Akan tetapi, sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Begitu juga dengan air lemon, meskipun memiliki banyak manfaat tetap saja akan berdampak kurang baik jika dikonsumsi berlebihan.

    Berikut efek yang ditimbulkan jika Anda mengonsumsi air lemon secara berlebihan, seperti dilansir Insider:

    Dapat merusak gigi

    Menurut American Dental Association, karena lemon memiliki kandungan asam yang tinggi maka paparan air lemon yang berlebihan dapat menyebabkan pengikisan enamel gigi. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa minum air lemon menggunakan sedotan agar gigi tidak langsung terkena paparan asam secara langsung.

    Membuat perut tidak nyaman

    Menurut Medical News Today, meskipun lemon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tetapi mengonsumsi air lemon terlalu banyak dapat memperburuk penyakit umum seperti penyakit gastroesophageal reflux (GERD) dan asam lambung. Keduanya dapat dipicu makanan asam, seperti lemon, dan dapat menyebabkan mulas, mual, dan muntah.

    Kulit lemon bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman

    Dalam sebuah studi tahun 2007 dari Journal of Environmental Health, para peneliti menemukan bahwa banyak lemon mengandung mikroorganisme, termasuk beberapa patogen yang dapat menyebabkan penyakit. Untuk mengurangi risiko, peras air lemon ke dalam minuman dibandingkan memasukkan seluruh lemon utuh ke dalam minuman Anda.
     


    Memperburuk sariawan

    Menurut American Dental Association minum terlalu banyak air lemon dapat berpotensi memperburuk sariawan. Mengonsumsi air lemon ketika mengalami sariwan tentu sangat menyakitkan karena luka terbuka pada mulut akan terasa perih ketika terkena air lemon.



    (YDH)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id