Tips Berpuasa bagi Penderita Diabetes di Tengah Pandemi Covid-19

    Raka Lestari - 22 April 2020 17:59 WIB
    Tips Berpuasa bagi Penderita Diabetes di Tengah Pandemi Covid-19
    Bagaimana penderita diabetes tetap berpuasa di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang ini? Berikut bahasannya. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Berpuasa bagi para penderita diabetes tentu bukanlah hal yang mudah. Dan salah satu kunci untuk para penderita diabetes agar tetap bisa lancar dalam melakukan ibadah puasa adalah dengan melakukan pola makan yang sehat dan seimbang. 

    Selain itu, di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang ini tentu berpuasa bagi para penderita diabetes memiliki tantangan tersendiri.

    “Bagi para penderita diabetes di tengah pandemi covid-19, berbuka puasa diusahakan tidak makan berlebihan. Dikontrol kalorinya, untuk laki-laki sekitar 1800 – 2200 kalori sedangkan untuk wanita sekitar 1500 – 2000 kalori,” jelas dr. Endang Sri Wahyuningsih, MKM, Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular, Kesehatan Jiwa dan NAPZA, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dalam Acara Workshop Online Pembatasan Konsumsi GGL, Rabu, 22 April 2020.

    Selain itu, bagi penderita diabetes menurut dr. Endang sebaiknya juga rutin mengonsumsi obat dan melakukan kontrol gula darah. 

    “Melakukan aktivitas fisik juga penting karena itu bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin,” tambahnya.

    Astri Kurniati, S.T., M.App.Sc, Head of Nutrifood Research Center juga menyarankan agar ketika berbuka puasa para penderita diabetes tidak hanya memilih makanan yang manis saja tetapi juga yang kaya akan serat seperti buah-buahan.

    “Dan untuk menjaga agar tetap sehat, disarankan pada saat buka puasa boleh makan tetapi usahakan cari sumber makanan yang sehat seperti karbohidrat kompleks. Selain itu, usahakan juga untuk cukup konsumsi air putih yaitu delapan gelas per hari,” ujar Astri.

    Ia juga menyarankan agar penderita diabetes ketika berbuka puasa menghindari makanan yang digoreng. 

    “Olahraga disarankan 30 menit sehari. Waktu yang tepat untuk berolahraga yaitu sebelum berbuka atau sekitar 2 – 3 jam setelah berbuka. Dalam melakukan olahraga juga sebaiknya melakukan olahraga yang ringan dan tidak dipaksakan,” ujar Astri.

    Dan untuk pemberian suplemen tambahan bagi para penderita diabetes yang berpuasa, Astri menyarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu. “Sebaiknya semua hal yang berkaitan dengan obat atau suplemen dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu,” tutupnya.

    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id