Tips Mencuci Pakaian di Tengah Pandemi Covid-19

    Raka Lestari - 26 Maret 2020 15:20 WIB
    Tips Mencuci Pakaian di Tengah Pandemi Covid-19
    Dalam mencuci pakaian selama pandemi covid-19 ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah dan mengurangi penyebaran virus berbahaya tersebut. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Pandemi covid-19 ini telah mengubah hampir setiap aspek kehidupan, bahkan sama hal-hal yang paling kecil seperti mencuci pakaian. Dalam mencuci pakaian selama pandemi covid-19 ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah dan mengurangi penyebaran virus berbahaya tersebut.

    "Pakaian sehari-hari dapat dicuci dengan air dingin dengan dosis yang sesuai dari deterjen berkualitas tinggi," ujar Mary Johnson, ilmuwan utama di Tide and Downy.

    “Pakaian dalam, pakaian luar, pakaian olahraga, handuk, dan seprai mungkin perlu penanganan ekstra dengan mencucinya di air hangat sekitar 80 ° F atau lebih tinggi dengan dosis yang sesuai dari deterjen berkualitas tinggi.”Johnson juga menyarankan untuk selalu membaca petunjuk pencucian yang biasanya terdapat pada label pakaian agar menghindari kesalahan dalam pencucian.

    Seberapa sering Anda harus mencuci pakaian?

    Johnson mengatakan bahwa seberapa sering mencuci pakaian, itu semua tergantung seberapa cepat pakaian yang digunakan kotor. “Pada umumnya, Anda bisa memakai atasan dan bawahan sekitar dua sampai tiga kali sebelum mencucinya,” jelas Johnson.

    “Namun jika Anda berkeringat berlebihan atau sudah menggunakan pakaian itu selama lebih dari 24 jam sebaiknya langsung dicuci setelah satu kali pemakaian,” paparnya.

    Bagaimana cara mencuci pakaian dengan tangan yang aman?

    Jika Anda memiliki bahan halus atau benda lain yang membutuhkan cuci tangan, gunakan air hangat (setidaknya 80 ° F) dengan jumlah deterjen berkualitas tinggi yang tepat. "Biarkan selama 20 hingga 30 menit sebelum dibilas hingga bersih," kata Johnson.

    “Ikuti petunjuk pencucian yang biasanya ada pada label pakaian, tetapi jika diperbolehkan bisa menggunakan pengering mesin cuci. Atau bisa juga dengan menggantungnya sampai kering dengan sempurna,” ungkapnya.

    Namun menurut aturan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ketika mencuci pakaian dengan tangan sebaiknya cuci tangan selama 20 detik dengan air hangat dan sabun setelah menangani cucian kotor.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id