Penyebab Lengan Anda Mati Rasa saat Tertidur

    Raka Lestari - 08 Agustus 2019 15:46 WIB
    Penyebab Lengan Anda Mati Rasa saat Tertidur
    Ilustrasi--Pexels
    Ada sejumlah penyebab mengapa saat bangun tidur kita kerap merasakan sensasi menggelitik atau mati rasa. Salah satu penyebabnya adalah kekurangan vitamin B12.
     

    Jakarta:
    Bangun tidur dengan sensasi menggelitik atau mati rasa bisa membuat Anda merasa gelisah, terutama jika Anda tidak menyadari hal ini sebelumnya. Meskipun itu bisa terjadi karena masalah kesehatan, namun bisa juga itu bukanlah hal yang perlu Anda khawatirkan selain dari posisi tidur Anda.

    Mengetahui apa yang menjadi penyebab lengan Anda mati rasa saat tidur dapat membantu untuk menentukan apa yang terjadi pada tubuh Anda sebenarnya.

    Dan berikut ini adalah beberapa alasan mengejutkan mengapa lengan Anda mati rasa ketika Anda tertidur menurut para ahli, seperti dikutip bustle:

    1. Kekurangan vitamin B12

    Vitamin B12 merupakan sesuatu yang penting karena dapat membantu saraf tubuh dan sel darah merah tetap sehat. Menurut Dr Adarsh Vijay Mudgil, M.D., pemilik Mudgil Dermatology di New York, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan masalah neurologis seperti mati rasa.

    Ini juga dapat menyebabkan kesemutan di tangan, kaki, dan kaki, kelelahan, lemah, sulit berjalan, dan anemia. Anda dapat dengan mudah mendapatkan asupan vitamin B12 dalam tubuh Anda dengan mengonsumsi daging, telur, unggas, dan susu.
     
    2. Diabetes

    "Tidak jarang lengan Anda mengalami mati rasa saat tidur. Namun, dalam kasus yang sangat jarang, ini dapat mewakili kondisi kesehatan yang mendasari seperti diabetes," kata Mudgil.  

    Menurut Mayo Clinic, ini disebut neuropati diabetik. Ketika kadar gula darah tinggi, dapat menjadi racun bagi saraf dan menyebabkan beberapa kerusakan. Ini umum terjadi pada penderita diabetes, tetapi jika tidak dirawat dapat menyebabkan komplikasi serius.

    3. Multiple sclerosis

    Multiple sclerosis (MS) adalah kondisi kesehatan lain yang dapat menyebabkan mati rasa di lengan. Faktanya, mati rasa pada anggota gerak adalah salah satu gejala MS yang paling umum.

    Menurut National Multiple Sclerosis Society, mati rasa di lengan, wajah, dan tubuh, adalah salah satu gejala pertama yang perlu diperhatikan. Seringnya, gejala ini lebih mengarah ke sesuatu yang berbahaya. Dokter biasanya tidak meresepkan obat apapun, kecuali gejala menjadi bertambah parah.

    4. Tidur menyamping

    Bagaimana posisi Anda tidur juga dapat sangat memengaruhi. "Bangun dengan lengan yang mati rasa biasanya terjadi karena cedera kompresi sementara pada saraf," ujar Dr Anil Rama, MD, dokter tidur di Stanford Center for Sleep Sciences and Medicine.

    "Seseorang yang tidur menyamping lebih rentan untuk memberikan tekanan pada satu atau lebih saraf di lengan tempat mereka tidur." Setelah Anda bangun dan mengubah posisi tidur, maka tekanan pada saraf akan terlepas dan lengan Anda akan kembali normal.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id