Memilih Perawatan Awal untuk Pengidap Alzheimer

    Sunnaholomi Halakrispen - 07 September 2019 19:09 WIB
    Memilih Perawatan Awal untuk Pengidap Alzheimer
    Ilustrasi--(Foto: Thehealthsite)
    Ada beberapa pertimbangan memilih dokter untuk orang yang Anda cintai. Salah satunya yaitu dokter tersebut memiliki kantor sendiri.


    Jakarta: Ketika Anda memilih dokter untuk orang yang Anda cintai dengan penyakit Alzheimer, banyak hal dapat memengaruhi keputusan Anda. Hal pertama yang harus dipikirkan adalah kantornya sendiri.

    Periksa jam untuk memastikan dokter itu bekerja untuk Anda dan mudah untuk membuat janji. Biasanya praktisi membuka praktik di malam hari dan akhir pekan. 

    Beberapa kantor atau klinik khusus milik dokter memiliki laboratorium sendiri untuk mengambil darah dan melakukan rontgen. Fasilitas ini membuat Anda tidak perlu membawa orang yang Anda cintai ke tempat lain yang lebih jauh dan membuang waktu.

    Staf yang ramah juga penting. Anda harus mendapatkan panggilan cepat kembali dari perawat atau penyedia layanan saat Anda menelepon dengan pertanyaan yang butuh respons cepat.

    Dilansir dari WebMD, dokter perawatan primer biasanya dilatih untuk menjadi penyedia umum. Banyak yang memiliki banyak pengalaman dalam merawat orang tua, tetapi beberapa lainnya tidak memiliki banyak pengalaman terhadap pengidap alzheimer. 

    Jika Anda pikir ini menjadi masalahnya, bicarakan dengan dokter agar dia dapat mengatasi persoalan tersebut. Jika Anda tidak ingin membicarakannya secara langsung, tuliskan sepucuk surat kepada mereka atau bicarakan dengan staf perawatnya.

    Anda biasa menemui seorang spesialis, ahli geriatri, praktisi perawat geriatri, dan psikiater geriatri, semuanya terlatih dalam perawatan orang tua. Neurologis dan neuropsikolog juga membantu penderita demensia.

    Mereka bergelut pada profesi itu dapat memberi Anda dan orang yang Anda cintai tentang informasi lebih lanjut. Selain itu, memberikan saran tentang cara mengelola masalah. 

    Apabila Anda akhirnya memilih untuk menemui dokter spesialis, mereka harus memberi tahu rekomendasi dokter utama yang tepat untuk orang yang Anda cintai.

    Buatlah janji perawatan secepat mungkin, jangan menunggu sampai orang yang Anda cintai sakit. Pilih waktu hari yang Anda berdua akan nyaman dan cukup waktu untuk istirahat. Cobalah untuk tidak pergi pada jam makan. Jika dokter terlambat, orang yang Anda cintai mungkin akan marah atau bingung jika mereka lapar.

    Saat mempersiapkan pertemuan dengan sang dokter, tuliskan kekhawatiran atau pertanyaan.
    Bawa daftar semua obat, termasuk yang diresepkan dan dijual bebas. Begitu juga dengan vitamin dan suplemen. Lebih baik lagi, bawalah semua obat ke dalam tas.

    Bawa juga buku catatan untuk membuat catatan yang bisa mempermudah Anda nantinya. Kemas makanan ringan dan minuman untuk Anda dan orang yang dicintai. Bawa juga produk kebersihan pribadi jika Anda membutuhkannya.

    Mungkin ada saatnya Anda tidak bisa pergi ke dokter dengan orang yang Anda cintai dan orang lain menggantikan Anda. Jika ini terjadi, Anda pasti ingin tahu bagaimana hasilnya. Maka, mintalah orang yang akan bersama orang yang Anda cintai untuk mencatat apapun yang terjadi. 

    Baik pernyataan dokter tentang kondisi orang yang Anda cintai saat itu, hingga teknik perawatan yang mungkin berubah. Jika perlu, hubungi perawat atau dokter setelah janji temu untuk mendapatkan laporan lebih detil tentang bagaimana kunjungan tersebut berlangsung.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id