5 Tanda Anda Harus segera Mengecek Mata

    Raka Lestari - 12 Agustus 2019 16:11 WIB
    5 Tanda Anda Harus segera Mengecek Mata
    Dengan melakukan pengecekan mata secara rutin, selain dapat menjaga kesehatan mata juga dapat mengetahui berbagai potensi yang mungkin dapat membahayakan mata Anda. (Foto Ilustrasi: Rekotomo/Antara)
    Jakarta: Banyak orang yang mungkin sudah mengetahui pentingnya mengecek kesehatan gigi secara rutin. Namun tidak banyak yang menyadari bahwa mengecek kesehatan mata secara rutin juga sangat dibutuhkan.

    Dengan melakukan pengecekan mata secara rutin, selain dapat menjaga kesehatan mata juga dapat mengetahui berbagai potensi yang mungkin dapat membahayakan mata Anda. Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa Anda sudah harus memeriksa mata jika Anda mengalami beberapa hal dibawah ini:

    1. Tak mengecek mata lebih dari setahun

    Menurut National Institutes of Health (NIH), pemeriksaan mata secara teratur adalah cara terbaik untuk menjaga penglihatan Anda tetap jelas dan melindungi mata dari penyakit yang dapat mengganggu penglihatan.

    Pemeriksaan mata juga dapat membantu Anda mempelajari informasi penting tentang kesehatan Anda secara keseluruhan. Dengan melihat ke mata Anda, dokter Anda akan melihat dari dekat pembuluh darah Anda yang dapat mengisyaratkan masalah-masalah seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan bahkan beberapa jenis kanker, jelas Joseph Allen, OD, FAAO.

    2. Sakit kepala yang mengganggu

    Rasa sakit berdenyut, terutama di belakang mata atau alis Anda, adalah tanda bahwa Anda kesulitan melihat atau memfokuskan mata Anda. Terkadang, gangguan tersebut disebabkan oleh cahaya biru yang dipancarkan oleh layar ponsel dan komputer, yang juga bisa menjadi penyebab sakit kepala Anda.

    "Anda mungkin tidak menyadarinya, tapi mata Anda mungkin mengompensasi sesuatu. Dan itu dapat menyebabkan sakit kepala," ujar Dr. Allen. 

    3. Mata nyeri

    Jangan abaikan gejala ini. Nyeri tajam atau berdenyut yang tidak hilang adalah tanda bahwa mata Anda meradang dan sesuatu mungkin terjadi. Akan tetapi, dibutuhkan pemeriksaan mata yang komprehensif untuk mencari tahu apa masalahnya dan bagaimana cara mengobatinya.

    "Bisa jadi infeksi, mata kering, atau masalah sinus. Ada juga kemungkinan Anda mungkin berurusan dengan sesuatu yang serius seperti glaukoma," sambung Dr. Allen.

    4. Mata memerah dan bengkak

    Merah dan bengkak adalah tanda-tanda pink eye. Mata Anda mungkin juga merasakan sensasi terbakar atau gatal, merasa sensitif terhadap cahaya, atau terdapat cairan yang menetes.

    Menurut National Eye Institute (NEI), jangan abaikan gejala-gejala ini karena mungkin ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri serta alergen dan Anda memerlukan dokter mata untuk menentukan penyebabnya.

    5. Kemampuan penglihatan berfluktuasi

    Apakah Anda melihat dengan jelas satu menit dan buram berikutnya? Fluktuasi penglihatan dapat disebabkan oleh mata kering, astigmatisme yang tidak dikoreksi atau bahkan diabetes yang tidak diobati.

    "Gula darah tinggi menyebabkan lensa mata membengkak, yang dapat menyebabkan penglihatan Anda berubah. Ketika gula darah Anda turun kembali, mata Anda akan kembali normal," jelas Dr Allen.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id