Jangan Lakukan Ini Sendiri Selama Masa Karantina

    Raka Lestari - 11 Mei 2020 19:25 WIB
    Jangan Lakukan Ini Sendiri Selama Masa Karantina
    Anda merasa resah sudah ingin potong rambut? Sabar. Jika Anda melakukannya sendiri pastikan Anda tak merasa menyesal dengan hasilnya ya. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini, banyak orang yang selama melakukan self quarantine mencoba melakukan berbagai hal sendiri karena kesulitan keluar rumah. 

    Mulai dari memperbaiki peralatan rumah tangga sampai memotong rambut, yang biasanya dilakukan profesional kini banyak orang yang mencoba melakukannya sendiri.

    Namun sebenarnya, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh profesional meskipun Anda harus berada di dalam rumah seperti berikut ini:

    1. Memotong rambut 

    Ada banyak orang yang mencoba untuk memotong rambutnya sendiri di masa self quarantine seperti sekarang ini. Berbagai macam tips dan model rambut yang bisa dilakukan di rumah juga bervariasi. Namun sebenarnya, memotong rambut sebaiknya dilakukan oleh profesional. 

    Joe Flanagan, founder dari 90sFashion World, menyarankan untuk berpikir terlebih dahulu sebelum memotong rambut sendiri di rumah. 

    “Kemungkinan Anda bisa merasa depresi dengan hasil potongan yang tidak rata dan hasil rambut yang terlalu pendek dari yang Anda inginkan,” katanya. Dalam masa pandemi ini, Anda juga dilatih untuk merasa sabar akan keinginan untuk gonta-ganti model rambut.

    2. Waxing 

    Selama di rumah saja, mungkin Anda merasa butuh untuk melakukan perawatan tubuh salah satunya adalah waxing. Namun sayangnya, Flanagan menyarankan untuk tidak mencoba melakukan waxing sendiri di rumah. 

    “Melakukan waxing sendiri membutuhkan latihan yang cukup banyak dan pilihan terbaik adalah dengan mendapatkan bantuan dari profesional jika ada masalah,” katanya. Jika Anda benar-benar ingin menghilangkan bulu di tubuh Anda, Flanagan menyarankan untuk memulai pada area yang aman yaitu kaki.

    3. Melakukan botoks dan filler 

    Pablo Prichard, MD, seorang ahli bedah plastik bersertifikat yang berbasis di Scottsdale, Arizona mengatakan, “Orang-orang merasa bosan dan mereka tidak bisa pergi ke dokter bedah plastik, sehingga mereka banyak yang mencobanya sendiri di rumah.” 

    Menurut Dr Prichard, melakukan suntik botoks atau filler sendiri di rumah bisa menyebabkan kulit mati, lubang di wajah, infeksi, dan bahkan kerusakan yang tidak bisa diperbaiki. Hindari melakukan ini di rumah sendirian tanpa bantuan ahli.

    4. Membuat hand sanitizer sendiri 

    Membuat hand sanitizer sendiri di rumah memang terlihat menggiurkan dan mudah dilakukan. Akan tetapi, jika Anda selalu berada di rumah dan bisa mendapatkan akses untuk sabun dan air maka sebaiknya Anda tidak perlu membuatnya sendiri di rumah.
     
    "Apa yang saya lihat sekarang adalah orang-orang mencampur berbagai bahan kimia untuk membuat pembersih dan disinfektan rumah tangga," kata Jagdish Khubchandani, PhD, ketua asosiasi dan profesor ilmu kesehatan di Ball State University. Menurutnya, banyak orang yang tidak berpengalaman dan tidak memenuhi syarat untuk melakukan hal tersebut. 



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id