Cara Sehat Berkeringat Bila tidak Suka Olahraga

    Anda Nurlaila - 21 Oktober 2019 09:40 WIB
    Cara Sehat Berkeringat Bila tidak Suka Olahraga
    Ilustrasi (Foto: Antara/Prasetyo Utomo)
    Jakarta: Berolahraga secara rutin bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan secara keseluruhan. Tapi sebagian orang sulit melakukannya dengan berbagai alasan. Salah satunya karena tidak suka dengan olahraga secara teratur.

    Untungnya, bagi yang "benci" olahraga, ada berbagai aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan. Melansir WebMD, ada beberapa cara agar Anda tetap berkeringat dan membakar kalori tanpa harus ke pusat kebugaran.

    -Pekerjaan rumah tangga

    Ingin memperoleh manfaat olahraga berintensitas sedang? Saatnya mencuci mobil Anda. Aktivitas lainnya adalah membersihkan selokan, mengepel atau menyedot debu.

    Pekerjaan rumah tangga akan membantu Anda menjaga kondisi fisik lebih baik. Selain rumah dan kendaraan bersih, Anda meningkatkan  kesehatan mental dan fisik.

    -Berkebun

    Anda mungkin tidak menganggapnya sebagai olahraga. Tetapi menggali, membungkuk, dan membersihkan taman selama 30 menit atau lebih sama seperti berolahraga.

    Cara Sehat Berkeringat Bila tidak Suka Olahraga

    Berkebun bahkan dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia. Jika tidak memiliki halaman belakang atau taman sendiri, pertimbangkan bergabung dalam komunitas yang mungkin memerlukan bantuan.

    -Berhubungan intim

    Setiap lima menit aktivitas seksual bersama pasangan akan membakar sekitar 5 kalori. Anda juga menghirup oksigen seperti saat sedang mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu.
    Penelitian menunjukkan hubungan intim, dan berada dalam hubungan sehat membantu mencegah penyakit jantung.

    -Geocaching

    Jika Anda suka berjalan-jalan dengan tujuan tertentu, lihat daring untuk mencari tempat "geocache" rahasia di kota, taman, atau di sepanjang jalur hiking. Anda bisa menggunakan bantuan dan mengikuti petunjuk GPS untuk melacaknya. Kemudian juga dapat menemukan hadiah di cache atau menulis nama Anda di jurnal yang membuktikan bahwa Anda pernah mengunjungi lokasi tersebut.

    -Menari

    Menari adalah salah satu aktivitas sosial dan sangat menyenangkan sekalipun dilakukan sendirian.

    Cara Sehat Berkeringat Bila tidak Suka Olahraga

    Menari membuat Anda menggerakkan tubuh dan dapat mengencangkan otot, menguatkan jantung dan paru-paru. Berputar-putar ditemani irama dapat menyuntikkan semangat untuk aktivitas selanjutnya.

    -Pertemuan di luar kantor

    Saat memiliki sesuatu untuk dikerjakan bersama rekan kerja, lebih baik lakukan sambil berjalan dengan jarak tertentu misalnya sambil menuju taman kota. Dengan begitu, Anda melakukan dua hal sekaligus.

    Anda sudah melakukan beberapa latihan fisik dengan berjalan kaki dan membuat pertemuan lebih kreatif. Sebaiknya lakukan hal ini dalam kelompok kecil, 2-3 orang. Jika lebih dari itu masing-masing orang lebih sulit terlibat.

    -Olahraga dalam ruangan

    Tidak ingin berurusan dengan cuaca panas atau dingin? Permainan dalam ruangan bisa membuat sifat kompetitif Anda muncul seperti bola basket, bulutangkis, atau bola voli. Anda dapat melakukan banyak olahraga luar ruangan seperti berenang, sepak bola, dan tenis di dalam ruangan.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id