Tips Tangani Sinusitis di Rumah

    Sunnaholomi Halakrispen - 07 Januari 2020 13:08 WIB
    Tips Tangani Sinusitis di Rumah
    Penyebab lain sinus ialah hidung kering. Sebab, kekeringan pada hidung menyebabkan hidung tersumbat, lendir menebal, dan sinusitis memburuk. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Apakah Anda memiliki masalah sinus setiap tahun? Jika demikian, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di rumah yang dapat meredakan kondisi Anda. Bahkan, banyak hal sederhana dan murah.

    Pertama, penting untuk mengetahui mengapa Anda memiliki masalah sinus. Hal ini disampaikan oleh Jordan S. Josephson, MD, selaku spesialis telinga-hidung-tenggorokan Manhattan dan penulis Sinus Relief Now.

    "Alergi adalah alasan yang cukup umum untuk masalah sinus. Jenis-jenis yang memengaruhi hidung termasuk demam dan alergi dalam ruangan," ujarnya.

    DIlansir dari WebMD, penyebab lain sinus ialah hidung kering. Sebab, kekeringan pada hidung menyebabkan hidung tersumbat, lendir menebal, dan sinusitis memburuk. Apa pun pemicunya, Anda dapat memilih tips di bawah ini.

    1. Tetap tenang

    Russell B. Leftwich, MD, selaku ahli alergi di Nashville, TN menyatakan bahwa ketika merasa panas, bagian dalam hidung Anda menjadi kering. Lendir tidak bersih seperti biasanya, yang membuat masalah sinus lebih mungkin terjadi.

    Ia tidak bisa merekomendasikan kisaran suhu dalam ruangan tertentu sebagai suhu ideal. Tetapi, dia menawarkan sejumlah panduan.

    "Anda lebih baik mengenakan sweater dan menjaganya tetap sejuk dari pada mengangkatnya, sehingga Anda merasa nyaman hanya mengenakan kaus di dalamnya," ujarnya.

    Kemudian, biarkan hidung Anda memandu kisaran suhu ruangan Anda. Jika Anda tidak terbangun dengan kondisi mimisan atau tersumbat, itu lah kisaran suhu yang baik bagi tubuh Anda.

    2. Melembapkan udara ruangan

    Jaga agar rumah atau ruangan Anda tidak terlalu kering atau terlalu lembap. Sebab, tungau dan debu menyukai kelembapan, bahkan rentan muncul dalam kondisi ruangan yang lembap.

    Terlalu banyak kelembapan di dalam ruangan juga dapat mendorong pertumbuhan jamur, yang juga dapat memicu masalah sinus bagi sebagian orang. Hal ini dijelaskan oleh Todd Kingdom, MD, selaku profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Colorado.

    Namun, para ahli memiliki pandangan berbeda tentang nilai pelembap ruangan untuk menciptakan rumah ramah sinus. Bahkan, pelembap ruangan tidak pernah membuat perbedaan, karena ada terlalu banyak udara yang harus dilembapkan.

    Sementara itu, menggunakan pelembap di kamar mulai dari bulan Oktober hingga Maret atau April dapat membuat perbedaan dalam menjaga masalah sinus. Anda pun harus membersihkan mesin itu setiap hari agar bakteri tidak tumbuh di dalamnya.

    Hirup kabut yang berasal dari alat uap, tapi hati-hati jika ada uap. Sebab, uap diyakini dapat membakar, maka jangan menggunakan kontak dengan alat itu.

    3. Ventilasi rumah

    Jika Anda berpikir bahwa rumah hemat energi dapat menyelesaikan segala sesuatu, maka tidak juga. Ada kekurangannya. Ketika Anda menyegel rumah untuk membuatnya lebih hemat energi, Anda akan berakhir dengan udara basi yang memperburuk masalah sinus.

    Sebab, tidak ada sirkulasi udara dari sumber alami. Maka solusi terbaiknya, bukalah rumah pada hari yang lebih hangat untuk membersihkan udara. Ini cara terbaik, terlebih saat Anda tidak bisa setiap hari membersihkan udara di dalam rumah Anda. 

    Selain itu, setelah membersihkan saluran udara, mungkin kondisi Anda memburuk. Hal ini rentan terjadi karena bisa memperparah debu di udara. 

    Apabila udaranya berbau debu atau berjamur, cara terbaik ialah memperbaikinya. Segeralah mengganti filter pendingin udara Anda secara teratur.

    4. Rutin minum air mineral

    Minumlah setidaknya satu liter air mineral sehari. Semakin banyak air yang Anda minum, maka semakin baik sehingga kencing anda berwarna jernih.

    Membilas hidung dengan air garam juga bisa membantu. Anda dapat membeli kit khusus atau mencampur sendiri di rumah. Resepnya, campurkan sekitar satu liter suam-suam kuku air suling atau air steril, atau yang sebelumnya direbus dengan satu sendok teh garam. 

    Beberapa orang menambahkan setengah sendok teh soda kue untuk menghilangkan sengatan garam. Gunakan bulb spuit untuk menyiram rongga hidung Anda, membersihkan lendir dan puing-puing yang menghambat sinus.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id