Studi: Makanan Mengandung Omega-3 dapat Mengurangi Gejala Lupus

    Raka Lestari - 29 September 2020 12:38 WIB
    Studi: Makanan Mengandung Omega-3 dapat Mengurangi Gejala Lupus
    Peneliti percaya perbedaannya terjadi karena omega-3 memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh, sementara omega-6 diperkirakan dapat menyebabkan peradangan. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Sebuah studi baru membawa berita yang menggembirakan kepada mereka yang menderita lupus. Diet sederhana dapat menjadi kunci untuk mengurangi beberapa gejala umum seperti kelelahan, depresi, dan rasa sakit.

    Seperti dilansir Reader's Digest, lupus adalah penyakit autoimun inflamasi kronis dimana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat di tubuh dan menciptakan peradangan di seluruh tubuh. Penyakit ini menyerang wanita sepuluh kali lebih sering daripada pria dan tidak hanya merusak organ tubuh dari waktu ke waktu, tetapi juga menyebabkan efek samping yang tidak nyaman seperti nyeri sendi atau pembengkakan, kelelahan, demam dan ruam kulit.

    Penelitian sebelumnya telah menunjukkan hubungan antara suplemen yang mengandung asam lemak omega-3 , lemak esensial yang tidak dapat dilakukan tubuh sendiri dengan pengurangan aktivitas penyakit pada beberapa pasien. Tapi sekarang, peneliti telah menemukan asupan makanan omega-3 mungkin memiliki efek yang sama.

    Sebuah studi oleh para periset di University of Michigan di Ann Arbor menemukan bahwa ketika hampir 500 pasien lupus yang mengonsumsi lebih banyak makanan kaya omega-3,  mengalami kualitas tidur yang lebih baik, penurunan depresi, dan berkurangnya  rasa sakit daripada saat diet mereka mengandung kadar lemak sehat yang lebih sedikit. 

    Peneliti juga melihat apa yang terjadi ketika subjek penelitian meningkatkan asupan makanan yang mengandung  asam lemak omega-6 (ditemukan pada daging dan minyak yang terbuat dari bunga matahari, jagung, atau wijen) dan mengamati bahwa gejala lupus malah semakin memburuk. Peneliti percaya perbedaannya terjadi karena omega-3 memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh, sementara omega-6 diperkirakan dapat menyebabkan peradangan.

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id