Kacang-kacangan dengan Nutrisi Terbaik

    Sunnaholomi Halakrispen - 04 Juli 2020 15:03 WIB
    Kacang-kacangan dengan Nutrisi Terbaik
    Kandungan di dalam sejumlah kacang-kacangan memiliki nutrisi terbaik untuk kesehatan tubuh. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Makanan nabati yang tepat dapat menjadi sumber protein dan nutrisi lain yang sangat baik, seringkali dengan kalori lebih sedikit daripada produk hewani. Sementara kacang-kacangan merupakan jenis makanan dengan protein nabati. 

    Dikutip dari Medical News Today, kandungan di dalam sejumlah kacang-kacangan memiliki nutrisi terbaik untuk kesehatan tubuh. Beberapa produk nabati, seperti kacang kedelai dan quinoa, adalah protein lengkap, yang berarti mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan manusia.

    Sedangkan bahan lainnya, memiliki beberapa asam amino yang kurang dibandingkan kacang kedelai. Maka, makan makanan yang bervariasi itu penting. Sementara itu, setidaknya ada lima kacang-kacangan yang terbukti memiliki nutrisi terbaik.

    Pertama, tempe. Bahan makanan ini mengandung sekitar 15 gram protein per ½ gelas. Kedua, kacang edamame atau kacang kedelai yang belum matang. Kacang ini mengandung 8,5 gram protein per ½ gelas.

    Ketiga, adalah tahu, yang mengandung sekitar 10 gram protein per ½ gelas. Tahu bisa menyerap rasa hidangan yang disiapkan, sehingga bisa dijadikan tambahan serbaguna untuk beragam makanan.

    Orang bisa mencoba tahu, sebagai pengganti daging, dimasukkan ke dalam sandwich, atau dijadikan sup favorit. Tahu juga merupakan pengganti daging yang populer di beberapa hidangan, seperti ayam kung pao dan ayam asam manis.

    Produk kedelai ini juga mengandung kadar kalsium dan zat besi yang baik, yang membuatnya menjadi pengganti yang sehat untuk produk susu.

    Kacang-kacangan selanjutnya ialah lentil. Apabila lentil dimasak, mengandung 8,84 gram protein per ½ gelas. Lentil merah atau hijau mengandung banyak protein, serat, dan nutrisi penting, termasuk zat besi dan kalium.

    Lentil merupakan sumber protein yang bagus untuk menambah rutinitas makan siang atau makan malam. Bahan makanan ini dapat ditambahkan ke semur, kari, salad, atau nasi untuk memberikan porsi protein tambahan.

    Selain itu, ada kacang tanah. Jenis kacang yang satu ini kaya protein, penuh lemak sehat, dan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kacang tanah mengandung sekitar 20,5 gram protein per ½ gelas.

    Selai kacang juga kaya protein dengan 8 gram per sendok makan. Jika menikmatinya sebagai sandwich selai kacang, akan menjadi camilan protein lengkap yang menyehatkan.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id