Cara Menggunakan Masker agar Nyaman saat Berolahraga

    Raka Lestari - 04 Agustus 2020 12:05 WIB
    Cara Menggunakan Masker agar Nyaman saat Berolahraga
    jika Anda ingin berolahraga di luar rumah, tentunya jangan lupa untuk tetap menggunakan masker untuk mengurangi risiko kemungkinan terkena covid-19. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Setelah berbulan-bulan harus berolahraga di dalam rumah, tentunya ada saat-saat dimana Anda merasa bosan dan ingin mencoba berolahraga di luar rumah. Dan jika Anda ingin berolahraga di luar rumah, tentunya jangan lupa untuk tetap menggunakan masker untuk mengurangi risiko kemungkinan terkena covid-19 di masa pandemi ini.

    “Saat ini memang belum ada banyak penelitian yang mengetahui reaksi fisik secara pasti ketika menggunakan masker saat berolahraga,” ujar Melissa Morris, ahli fisiologi olahraga di University of Tampa.

    Beberapa penelitian terbatas menyebutkan bahwa menggunakan masker dapat meningkatkan detak jantung. "Kesulitan bernapas, pusing, dan meningkatkan suhu tubuh,” ucapnya.

    Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga sambil menggunakan masker. Berdasarkan sebuah publikasi pada British Medical Journal (BMJ) pada Juni 2020 mencatat bahwa jika Anda tidak sedang sakit atau mengalami gangguan pernapasan, maka berolahraga dengan menggunakan masker sangat aman dan dapat membantu untuk mengontrol penyebaran covid-19 melalui droplets yang dihasilkan.

    Jaclyn Fulop, terapis fisik berlisensi dan direktur klinis di Exchange Physical Therapy Group merekomendasikan jika Anda melakukan olahraga intensitas berat, sebaiknya Anda melakukan di daerah yang tidak banyak orang dan berjauhan dari orang lain. Ini berarti penggunaan masker bisa sedikit dilonggarkan.

    “Jika Anda melakukan olahraga di gym atau di tempat dimana banyak orang berkumpul, menggunakan masker bisa melindungi Anda dari lingkungan sekitar. Beberapa tempat gym juga bahkan mewajibkan pengunjungnya untuk menggunakan masker,” kata Fulop.

    Beberapa jenis masker juga bisa dipilih jika olahraga yang Anda lakukan menyebabkan Anda berkeringat cukup banyak. “Masker yang terbuat dari kain atau bahan bisa menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan masker medis karena masker medis bisa menjadi basah selama Anda berolahraga,” kata Morris.

    “Masker yang basah juga menjadi kurang efektif ketika melawan virus di sekitar Anda. Selain itu, masker yang basah juga membuat partikel kecil bisa tembus dan bakteri atau virus bisa masuk kemudian terhirup oleh Anda,” tutup Fulop.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id