Pentingnya Pemenuhan Nutrisi dalam Tumbuh Kembang Anak

    Raka Lestari - 08 Juni 2020 17:03 WIB
    Pentingnya Pemenuhan Nutrisi dalam Tumbuh Kembang Anak
    Dalam meningkatkan kualitas tumbuh kembang dan kecerdasan anak, kebanyakan orang tua terkadang terlalu fokus pada organ otaknya saja. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Dalam meningkatkan kualitas tumbuh kembang dan kecerdasan anak, kebanyakan orang tua terkadang terlalu fokus pada organ otaknya saja. Padahal, organ lain yaitu saluran pencernaan juga berpengaruh.

    Keterkaitan antara sistem saluran cerna dan otak ini diperankan penting oleh mikrobiota dalam saluran cerna yang menghubungkan pusat kognisi dan emosi pada otak dengan aktivasi imun.

    “Menjaga daya tahan tubuh anak sangat penting, salah satunya dengan memberikan nutrisi yang cukup. Orang tua bisa mengacu pada Isi Piringku dari Kemenkes, lalu ditambabhkan juga dengan susu pertumbuhan,” ujar dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals.

    Anak yang mempunyai saluran cerna yang baik dan sehat akan mampu menyerpa nutrisi dengan baik dan mensuplai kebutuhan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk otak. Bakteri baik di usi, yang sering disebut sebagai mikroflora memiliki pengaruh yang besar terhadap perilaku anak sehingga perlu dijaga keseimbangannya.

    “Ada tiga komponen yang harus diperhatikan dalam pemenuhan nutrisi pada anak, yaitu nutrisi bagi kecerdasan multitalenta (brain care) yang berperan penting untuk pembentukan dan koneksi sel saraf otak. Nutrisi yang diperlukan adalah Kolin, Alfa-Laktalbumin, AA&DHA, serta Fosfolipid,” tambah dr. Muliaman.

    Kemudian nutrisi yang harus dipenuhi menurut dr. Muliaman adalah nutrisi bagi pertahanan tubuh ganda (body defense) yang berperan penting untuk menjaga anak tetap sehat dan terhindar dari penyakit. “Nutrisi yang dipelukan adalah Vitamin A&C, Triple Bifidus, Prebiotik GOS, dan Laktoferin,” ujar dr. Muliaman.

    “Sedangkan nutrisi bagi tumbuh kembang optimal (Body growth) memiliki peran penting untuk pertumbuhan organ tubuh, tinggi, dan berat badan anak. Nutrisi yang diperlukan adalah vitamin D dan kalsium,” tutup dr. Muliaman.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id