Bahan Pembersih Wajah yang Cocok untuk Semua Jenis Kulit

    Raka Lestari - 02 Agustus 2020 07:00 WIB
    Bahan Pembersih Wajah yang Cocok untuk Semua Jenis Kulit
    Berikut ini adalah bahan pembersih wajah yang cocok untuk semua jenis kulit. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Pembersih wajah saat ini memiliki banyak manfaat lain, tidak hanya membersihkan wajah dan kulit saja. Ada banyak bahan dalam pembersih wajah yang efektif dalam merawat berbagai tipe jenis kulit.

    Misalnya saja, jenis kulit berminyak tentu akan membutuhkan bahan pembersih yang berbeda dengan jenis kulit kering.

    Dan berikut ini adalah bahan-bahan yang terdapat dalam pembersih wajah serta jenis kulit yang cocok untuk menggunakannya:

    1. Retinol 

    “Retinol merupakan turunan dari vitamin A,” kata Carol Cheng, MD, seorang dermatologis dan asisten profesor klinis di Geffen School of Medicine di UCLA seperti dilansir dari Insider. 

    Retinol befungsi untuk meningkatkan pergantian sel kulit, yang dapat menghilangkan sel kulit mati dan menggantinya dengan sel sehat.

    Retinol ini bahan yang cocok untuk digunakan pada kulit berminyak. Saran Cheng, jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, mulai dengan retinol dengan konsentrasi yang lebih rendah.

    2. Asam salisilat

    “Asam salisilat adalah asam beta hidroksi, yang berarti sangat bagus untuk mengurangi produksi minyak dan menghilangkan sel kulit mati. Ini larut dalam minyak, yang memungkinkannya untuk menembus ke dalam pori-pori,” kata Susan Massick, MD, seorang ahli dermatologi dan profesor Dermatologi di The Ohio State University Wexner Medical Center. 

    Ini cocok digunakan pada jenis kulit yang berminyak atau mudah berjerawat. Jika Anda memiliki kulit sensitif atau kering, sebaiknya batasi penggunaannya karena dapat membuat kulit kering dan iritasi.

    3. Ceramides

    Ceramides adalah lipid, atau lemak, yang ada secara alami di kulit kita. Cheng mengatakan lipid ini ditemukan dalam konsentrasi tinggi di lapisan atas kulit kita, yang membantu berfungsi sebagai penghalang terhadap lingkungan luar. Cocok digunakan untuk kulit kering atau sensitif.

    4. Vitamin C

    Vitamin C adalah antioksidan, yang berarti dapat membantu mengurangi pembentukan radikal bebas dan karenanya, efek berbahaya dari radikal bebas pada kulit. Semua jenis kulit bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung vitamin C.

    Namun, jika Anda baru menggunakannya, Massick merekomendasikan untuk memulai dengan konsentrasi rendah untuk menghindari potensi kering dan iritasi.



    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id