3 Tips Memilih Camilan untuk Penderita Diabetes

    Raka Lestari - 27 Juli 2020 08:00 WIB
    3 Tips Memilih Camilan untuk Penderita Diabetes
    Tiga camilan sehat untuk penderita diabetes. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Bagi penderita diabetes, dalam memilih camilan harus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah usahakan untuk tidak memilih camilan yang mengandung karbohidrat sederhana karena dapat meningkatkan kandungan gula darah.

    Dalam memilih camilan penderita diabetes perlu bijak seperti yang disarankan oleh Hannah Roberts lewat "The 3 best types of snacks to eat if you have diabetes":

    1. Pilih camilan yang mengandung protein tinggi

    “Camilan tinggi protein tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara signifikan setelah Anda mengonsumsinya. Ini berarti Anda tidak membutuhkan insulin terlalu banyak untuk mencernanya,” kata Amy Stephens, MS, RDN, CDE, seorang ahli nutrisi spesialis diabetes. 

    Tubuh Anda menggunakan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan, daripada mengubahnya menjadi glukosa sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara signifikan.

    Sebagai contoh, Anda bisa mengonsumsi dua porsi scrambled egg yang mengandung sekitar 12,5 gram protein dan bisa mendapatkan 50 gram protein dari satu potong steak.

    2. Pilih yang mengandung serat tinggi 

    Makanan dengan serat yang tinggi dicerna lebih lambat. Itu berarti dapat membantu menunda penyerapan glukosa ke dalam aliran darah dan mencegah gula darah naik secara cepat.

    “Serat juga membantu seseorang merasa kenyang lebih lama,” kata Stephens. “Ini sangat membantu untuk pasien diabetes tipe 2 yang kelebihan berat badan.”

    Sebuah studi yang dipublikasikan pada Experimental and Therapeutic Medicine Journal pada tahun 2016 juga menemukan bahwa pasien diabetes tipe 2 yang rutin mengonsumsi serat, tingkat gula darah dan resisten insulin akan membaik secara signifikan.

    3. Camilan yang mengandung lemak sehat 

    Menurut Stephens makanan dengan lemak sehat seperti ditemukan pada kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat juga dapat memperlambat sistem pencernaan sehingga kenaikan gula darah setelah makan dapat meningkat secara perlahan.

    “Makanan kaya lemak sehat dapat menaikkan gula darah sekitar dua sampai tiga jam setelah makan, sedangkan makanan dengan karbohiidrat dapat meningkatkan gula darah hampir satu jam setelah makan,” kata Stephens.

    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id