Tips agar Anak Tidak Sering Menyentuh Wajah

    Raka Lestari - 16 Maret 2020 12:50 WIB
    Tips agar Anak Tidak Sering Menyentuh Wajah
    Berikan si kecil mainan, tisu, atau berkegiatan agar tak menyentuh muka atau mulutnya. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Penyebaran virus korona covid-19 yang semakin tinggi di berbagai negara di dunia tentu sangat mengkhawatirkan. Menurut para ahli, salah satu cara untuk mencegah penyebarannya adalah dengan tidak sering menyentuh wajah yang bisa menybabkan virus masuk ke dalam tubuh. 

    Bagi orang dewasa mungkin hal tersebut mudah, tetapi tidak bagi anak-anak. Lalu bagaimana cara agar anak tidak sering menyentuh wajah mereka?

    Dilansir dari Parents, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak Anda tidak sering menyentuh wajah mereka:

    1. Selalu memegang tisu

    Memberikan anak-anak tisu ketika mereka bersin atau bahkan untuk menutupi tangan mereka untuk menggaruk gatal adalah cara yang bagus untuk menghindari kontak kulit selama masa sakit. 

    “Selain itu juga penting untuk sering mencuci dan membersihkan tangan sehingga jika mereka menyentuh wajahnya, setidaknya tangan mereka bersih,” ujar dokter anak yang berbasis di Atlanta Jennifer Shu.

    2. Berikan sesuatu untuk dipegang oleh anak 

    Berikan juga anak-anak sesuatu atau mainan seperti fidget spinner atau fidget cubes yang bisa menjadi pilihan terbaik karena anak-anak akan sibuk dengan tangannya sehingga mereka cenderung tidak menyentuh bagian mulut atau muka mereka. 

    3. Bersihkan wajah dari rambut

    Rambut yang biasanya tidak beraturan sampai mengganggu wajah biasanya membuat anak merasa gatal sehingga perlu menyentuh wajahnya. Dorongan untuk menyeka rambut atau membereskan rambut mereka yang menutupi wajah menyebabkan anak-anak sering menyentuh wajah mereka. 

    "Menjaga agar rambut mereka tetap pendek atau menguncirnya dengan rapi sehingga tidak menggelitik wajah mereka adalah langkah penting lainnya untuk menghindari sentuhan wajah," kata Dr Shu.

    4. Menjauhi orang yang sakit

    Ini merupakan salah satu cara yang utama, tetapi usahakan untuk berjarak setidaknya satu atau dua meter dari orang yang batuk atau bersin. Dengan memberikan sedikit usaha ekstra untuk menjaga kebersihan anak-anak untuk tidak menyentuh wajah dan mulut mereka, hal itu bisa membantu menjaga mereka tetap aman. Tidak hanya untuk mencegah covid-19 tetapi dari berbagai penyakit lainnya. 



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id