5 Tips untuk Mengatasi Kulit Sensitif

    Raka Lestari - 22 Juni 2020 10:00 WIB
    5 Tips untuk Mengatasi Kulit Sensitif
    Lima kebiasaan ini bisa dilakukan untuk mengatasi kulit yang sensitif. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Kulit yang sensitif tentu membuat Anda merasa tidak nyaman. Dan untuk mengatasinya, ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan. Tanpa harus pergi ke dokter, Anda bisa melakukan hal tersebut sekalipun berada di rumah.

    Dikutip dari CNN, berikut ini adalah kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit yang sensitif:

    1. Mandi dengan air dingin 

    Mandi air hangat memang sangat membuat nyaman, tetapi jika Anda memiliki kulit yang sensiif sebaiknya tidak melakukanya. Mandi air panas atau air hangat dapat membuat kulit menjadi kering dan menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Jika harus mandi air hangat, usahakan tidak lebih dari 10 menit.

    2. Tidak menggunakan produk dengan pewangi tambahan 

    Produk dengan label “fragrance-free” dan“hypoallergenic” harus menjadi pilihan ketika Anda sedang membeli skin care atau kosmetik. Produk dengan pewangi tambahan mungkin sangat menarik, tetapi hal tersebut bisa membuat kulit sensitif Anda tidak nyaman.

    3. Menggunakan sarung tangan saat mencuci piring 

    Jika Anda sedang mencuci piring, bisa menggunakan sarung tangan yang berbahan dasar karet untuk mencegah kulit sensitif Anda teriritasi. Beberapa sabun pencuci piring mungkin bisa mengandung bahan kimia yang bersifat abrasif pada kulit yang sensitif. Gunakan sarung tangan jika Anda harus mencuci piring atau harus bersentuhan dengan produk pembersih.

    4. Aplikasikan pelembap setelah mandi 

    Setelah mandi, usahakan untuk selalu mengaplikasikan pelembap pada kulit Anda. Tidak perlu menunggu lama, Anda bisa langsung mengaplikasikan pelembap sesaat setelah mandi.

    Usahakan pilih pelembap yang bebas pewangi sehingga tidak mengiritasi kulit Anda. bisa juga menggunakan petroleum jelly pada beberapa area kulit Anda, jika Anda rentang terhadap kulit kering tetapi tidak sampai berjerawat.

    5. Perhatikan bahan lateks

    Beberapa orang dengan kulit sensitif kemungkinan alergi terhadap lateks. Alergi terhadap lateks biasanya akan menyebabkan gatal dan kemerahan setelah menggunakan barang-barang dengan bahan lateks. Jika Anda sensitif terhadap lateks, pastikan sarung tangan yang digunakan untuk mencuci piring atau membersihkan apapun tidak mengandung lateks.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id