Lima Gejala Keracunan Makanan

    Raka Lestari - 23 Maret 2019 10:00 WIB
    Lima Gejala Keracunan Makanan
    Lima Gejala Keracunan Makanan (Foto: ist)
    Jakarta: Keracunan makanan bisa terjadi karena banyak hal, namun penyebab keracunan makanan yang paling umum yaitu, daging yang dimasak kurang matang, buah-buahan dan sayuran mentah yang tidak dicuci dengan bersih secara keseluruhan, susu yang tidak dipasteurisasi, dan makanan sisa yang disimpan dalam kulkas terlalu lama.

    Untuk itu, sebaiknya Anda dapat mengetahui gejala-gejala dari keracunan makanan untuk mendapatkan penanganan lebih awal. Berikut ini adalah beberapa gejala yang disebabkan keracunan makanan:

    1. Dehidrasi

    Jika Anda merasa bahwa tubuh Anda kekuragan cairan, kemungkinan karena Anda mengalami keracunan makanan. Dan hal pertama yang harus Anda lakukan jika mengalami keracunan makanan adalh menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. "Minum air sebanyak mungkin atau minuman yang mengandung elektrolit sangat dianjurkan," ujar Rais Vohra, MD, direktur medis di California Poison Control System.

    2. Mual dan muntah

    Meskipun mual dan muntah adalah salah satu gejala umum terjadinya keracunan makanan, gejala tersebut biasanya muncul tergantung dari bakteri penyebabnya. "Listeria misalnya, biasanya akan menimbulkan gejala setelah 70 hari Anda mengonsumsi makanan yang menyebabkan keracunan makanan tersebut. Sedangkan Salmonella biasanya dapat menimbulkan gejala sekitar 12-72 jam setelahnya," ujar Sandra Elizabeth Ford, MD, direktur kesehatan di DeKalb Country Board dor Health.

    3. Diare

    Diare juga merupakan tanda utama bahwa Anda mengalami keracunan makanan. Dan terkadang, beberapa jenis bakteri dapat menyebabkan diare yang disertai darah. "Jika Anda mengalami diare berdarah maka sebaiknya Anda segera mencari bantuan medis," ujar Dr. Ford.

    4. Demam

    Beberapa jenis bakteri penyebab keracunan makanan seperti Listeria dan Campylobacter dapat menyebabkan terjadinya demam. Dan terkadang demam tersebut disertai dengan masalah pada sistem pencernaan Anda. Jika Anda mengalami demam terus menerus selama lebih dari 48 jam, sebaiknya segera menghubungi dokter, saran Dr. Ford.

    5. Pusing

    Jika Anda mengalami pusing, sebaiknya jangan pernah mengabaikannya. Bakteri penyebab keracunan makanan seperti Listeria dapat menyebabkan gejala ini. Dan terkadang gejalanya baru muncul sekitar dua bulan atau lebih setelah Anda terkontaminasi. Gejala lain adalah rasa tercekat di leher dan lemas pada tubuh Anda.

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id