Waspada, Herpes Keratitis Bisa Mengakibatkan Kebutaan

    Anda Nurlaila - 31 Mei 2019 09:10 WIB
    Waspada, Herpes Keratitis Bisa Mengakibatkan Kebutaan
    Gejala infeksi herpes mata termasuk kemerahan pada mata, sakit mata, luka, peka terhadap cahaya, sakit kepala. (Foto Ilustrasi: Everton Nobrega/Pexels)
    Virus herpes bisa membahayakan kondisi mata. Seperti buta. Kondisi itu pernah dialami Melanie Brown yang merupakan anggota Spice Girls. Ia mengalami buta sementara karena infeksi herpes.


    Jakarta: Infeksi virus herpes dapat menyebabkan gangguan kesehatan serius seperti kehilangan penglihatan. Scary Spice, Melanie Brown (Mel B) pernah mengalaminya. Penyanyi yang terkenal setelah bergabung dengan Spice Girls mengalami kebutaan sementara akibat infeksi virus herpes.

    Menurut majalah People, Mel B mengalami infeksi herpes di matanya, dan menyebabkan mata kanannya buta selama beberapa saat. Seorang sumber mengatakan, Mel B pernah mengalami infeksi herpes keratitis sebelumnya.

    "Dia memberi tahu dokter bahwa dia buta karena tidak bisa melihat tetapi matanya baik-baik saja. Setelah pemberian tetes mata, kondisi Mel B membaik," tambah sumber itu.

    Herpes mata atau herpes keratitis adalah infeksi yang disebabkan virus herpes simpleks. Virus yang sama juga menyebabkan luka dingin dan herpes genital.

    Begitu seseorang terinfeksi HSV, umumnya lewat kontak kulit ke kulit dengan orang yang memiliki lesi aktif dari virus. Virus herpes bisa tidak aktif selama bertahun-tahun, dan aktif kembali kapan saja. Stres, demam, paparan sinar matahari, menstruasi, dan obat-obatan tertentu dikaitkan dengan kekambuhan, menurut American Academy of Ophthalmology (AAO).

    Gejala infeksi herpes mata termasuk kemerahan pada mata, sakit mata, luka, peka terhadap cahaya, sakit kepala, dan berkurangnya penglihatan yang terkait dengan sakit mata atau kemerahan mata. Dalam kasus Mel B, kekambuhan herpes mata dapat melukai kornea. Hal ini dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan atau kebutaan.

    Sebagian besar herpes keratitis ringan dapat diobati dengan obat antivirus. AAO merekomendasikan menghindari menyentuh mata jika Anda sakit flu.

    Jadi Anda tidak menularkan herpes oral ke mata secara tidak sengaja. Selain itu, hentikan penggunaan lensa kontak jika mengalami infeksi herpes keratitis berulang.

    Pemenuhan Nutrisi Cegah Faktor "U"




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id