Manfaat Menari Bagi Tubuh Anda

    Kumara Anggita - 20 Januari 2020 13:27 WIB
    Manfaat Menari Bagi Tubuh Anda
    Apa saja manfaat menari untuk tubuh Anda? Berikut penjelasannya. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Menari adalah kegiatan yang menyenangkan karena bisa mencairkan suasana menjadi jauh lebih positif baik untuk diri Anda maupun orang di sekitar Anda. Tak hanya itu, kegiatan ini juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

    Apa saja manfaat menari untuk tubuh Anda? Berikut penjelasannya dari Daniel Bubnis, MS, NASM-CPT, NASE Level II-CSS, specialty dalam fitness yang dilansir dari Healthline.

    1. Meningkatkan kesehatan jantung

    Menari adalah aktivitas fisik yang menyehatkan untuk jantung. Sebuah sumber menunjukkan bahwa orang dewasa jika ingin sehat harus melakukan beberapa hal.

    Diantaranya 150 menit hingga 300 menit per minggu melakukan latihan intensitas sedang, atau 75 menit hingga 150 menit per minggu melakukan aktivitas fisik seperti aerobik dengan  intensitas tinggi.

    Penari dansa ballroom profesional dan pelatih pribadi bersertifikat Leon Turetsky mengatakan bahwa semua gaya tarian menghasilkan latihan kardio yang hebat. Ini  karena detak jantung Anda tertantang dengan melakukan gerakan yang berbeda-beda.

    Manfaat Menari Bagi Tubuh Anda
    (Menari adalah aktivitas fisik yang menyehatkan untuk jantung. Foto: Pexels.com)

    2. Meningkatkan keseimbangan dan kekuatan

    Penari profesional Jonathan Tylicki mengataka, alasan tarian adalah bentuk kegiatan fisik yang luar biasa karena kegiatan ini menggabungkan gerakan pada semua bidang gerak dan dari semua arah.

    "Gerakan yang biasanya kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari seperti berjalan, naik tangga, dan olahraga umum seperti treadmill dan bersepeda, terjadi di bidang sagital (bidang yang membagi tubuh menjadi dua bagian dari titik tertentu (tidak membagi tepat dua bagian), tetapi menari membuat tubuh Anda dari semua arah, termasuk lateral dan rotasi, yang membangunkan kondisi semua otot, yang berarti tidak ada otot yang tertinggal,” katanya.

    Jenis gerakan ini tidak hanya meningkatkan kekuatan, tetapi juga meningkatkan keseimbangan.

    3. Lembut di tubuh Anda

    Tarian banyak jenisnya misalnya Anda bisa menari dansa yang cocok untuk orang dengan keterbatasan mobilitas atau masalah kesehatan kronis.

    Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang intensitas kelas yang berlebihan buat Anda, bicarakan dengan dokter Anda dan instruktur sebelum memulai kelas. Mereka dapat membantu Anda dengan modifikasi apa pun, jika diperlukan.

    Mengingat kegiatan ini begitu menyenangkan dan menyehatkan, tak perlu ragu lagi untuk putar lagu favorit Anda dan gerakan tubuh Anda sesuai irama.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id