Ini 3 Penyakit yang Kerap Muncul saat Musim Hujan

    Sunnaholomi Halakrispen - 25 Februari 2020 19:12 WIB
    Ini 3 Penyakit yang Kerap Muncul saat Musim Hujan
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Hujan turun semalaman di sejumlah daerah di Jabodetabek menyebabkan banjir. Hujan pun memengaruhi kesehatan masyarakat, karena mengakibatkan munculnya sejumlah penyakit.

    Beberapa penyakit yang rentan menyerang masyarakat ketika banjir ialah influenza, demam berdarah, dan diare. Hal ini berdasarkan data dari Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan.

    Influenza merupakan virus yang menyebar melalui cairan tubuh seperti ingus ataupun air liur. Penyakit ini dapat ditularkan melalui mulut, hidung, ataupun tangan yang menyentuh benda terkontaminasi.

    Untuk pencegahannya, dibutuhkan olahraga dan istirahat yang cukup, perbanyak mengonsumsi buah dan sayur. Kemudian, mencuci tangan dan menggunakan masker ketika sedang terkena flu.

    Sedangkan demam berdarah, virusnya dibawa dari nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictusini. Penyakit ini sering kali terjadi saat musim hujan, karena terjadi perkembangbiakan nyamuk yang meningkat.

    Pencegahan untuk penyakit demam berdarah ialah melakukan tindakan 3M plus. Pertama, menguras bak mandi, kemudian menutup tempat air, dan memanfaatkan barang-barang bekas. Selain itu, melakukan PNS atau pemberantasan sarang nyamuk.

    Penyakit lainnya ialah diare, yang berasal dari konsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Diare disebabkan oleh bakteri E. Coli, Salmonella, Shigella, dan lainnya.

    Pencegahan paling sederhana ialah dengan mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir. Kemudian, buang air besar (BAB) pada tempatnya, serta selalu menjaga kebersihan dan kesehatan makanan.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id