Tips Yoga di Rumah dengan Mudah

    Sunnaholomi Halakrispen - 14 Mei 2020 12:05 WIB
    Tips Yoga di Rumah dengan Mudah
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Yoga dikenal sebagai salah satu olahraga yang bisa membantu menenangkan pikiran dan mengatur fokus. Aktivitas ini biasa dilakukan dengan kelas yoga bersama instruktur dan rekan sekelas. Namun, Anda juga bisa melakukannya di rumah saat pandemi covid-19 ini.

    Bagi Pegiat Yoga sekaligus News Anchor Metro TV, Amie Ardhini, menjalani yoga di rumah justru bisa terasa lebih enak. Sebab, Anda bisa menonton gerakan yoga, baik di youtube, maupun instagram, dari orang-orang yang membuat tayangan video gerakan yoga.

    "Kemudian kalau ingin yang lebih intens serius bisa cari aplikasinya yang meyediakan video-video. Ini biasanya guru-guru dari luar. Itu yang suka saya lakuin," ujar Amie dalam Ngobrol Asyik Medcom.id, Rabu, 13 Mei 2020.

    Meskipun yoga dan pilates bisa dilakukan di rumah sendiri, ia mengakui bahwa menjalani yoga di tengah keramaian kelas yoga terasa menyenangkan karena bisa sharing energy dengan teman. Sedangkan ketika melakukan yoga seorang diri, cenderung akan terasa sedih dan merasa kurang seru.

    "Tapi jangan salah, banyak guru yoga beberapa di Jakarta, sekarang mengalihkan kelasnya ke virtual, streaming atau zoom. Jadi bisa dapat energi ramai walaupun lebih ke suara dan gambar," paparnya.

    Amie mengatakan, ada tips untuk menjalani yoga di rumah pun bisa tanpa ribet. Asalkan, ada space atau ruang yang cukup untuk Anda melakukan yoha di rumah, lalu sediakan matras yoga. Selebihnya, siapkan peralatan penunjang yoga, dari barang-barang yang Anda miliki di rumah.

    "Bisa dengan peralatan yang ada di sekitar kita. Misalnya main balok bisa diganti dengan buku. Strap bisa diganti dengan ikat pinggang. Yang penting coba aja dulu latihan. Enggak usah takut tentang baru coba yoga dan di rumah pula, enggak bisa konsentrasi dan meditasi," jelasnya.

    Kemudian, lakukan yoga dengan perlahan, mengikuti tahapan untuk pemula. Pada jenis olahraga ini, ada sesi pernapasan di awal dan akhir, namun tidak perlu memaksakan diri untuk bisa melakuakn konsentrasi dengan fokusnya yang hebat.

    "Satu hal soal yoga itu meditasi dalam gerakan sih. Walaupun ramai tapi fokus pada masing-masing, jadi enggak perlu minder lihat sebelah yang bisa jungkir balik. Karena setiap orang punya perjalanannya masing-masing," pungkasnya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id