Tips Mengajarkan Anak Rajin Cuci Tangan

    Gervin Nathaniel Purba - 30 Juni 2020 13:42 WIB
    Tips Mengajarkan Anak Rajin Cuci Tangan
    Edukasi meningkatkan kesadaran mencuci tangan bukan hanya ditujukan kepada orang dewasa saja, namun juga anak-anak (Foto:Shutterstock)
    Jakarta: Menghadapi era normal baru (new normal), mencuci tangan kini menjadi bagian penting dalam gaya hidup untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Edukasi meningkatkan kesadaran mencuci tangan bukan hanya ditujukan kepada orang dewasa saja, namun juga anak-anak.

    Sangat penting bagi anak-anak untuk mengetahui cara mencuci tangan yang benar. Terlebih, anak-anak sering bereksplorasi dan terpapar benda-benda kotor sebelum akhirnya menyentuh mulut, hidung, dan mata. Sebenarnya tidak sulit mengajarkan anak untuk membiasakan rutin mencuci tangan, asalkan Anda tahu tipsnya.

    1. Orang Tua Berikan Contoh

    Anak-anak belajar dari seseorang yang memberi contoh. Bukan hanya berupa perintah semata, melainkan contoh nyata. Orang tua perlu memberikan contoh di depan anak mengenai cara mencuci tangan yang benar dan lakukan secara rutin.

    2. Beritahu Kapan dan Alasan Wajib Cuci Tangan

    Setelah memberi contoh, orang tua memberikan penjelasan kepada anak. Misalnya, cuci tangan sebelum makan, setelah bermain dari luar rumah, dan setelah menyentuh benda. Jelaskan juga manfaat mencuci tangan dalam membantu menghilangkan bakteri jahat dan virus yang dapat menimbulkan penyakit.

    3. Jelaskan Teknik Mencuci Tangan

    Bawa si kecil ke wastafel dan tunjukkan bagaimana cara mencuci tangan dengan benar. Tunjukkan jumlah sabun yang tepat dan berapa lama menggosoknya. Pada umumnya, jangka waktu mencuci tangan yang dianjurkan yaitu selama 20 detik. Jika bingung menghitung 20 detik, cobalah sambil menyanyikan lagu anak-anak berdurasi 20 detik yang mereka sukai, misalnya Baby Shark atau Balonku.

    4. Gosok dengan Benar

    Cuci dan gosok di antara jari, bagian punggung tangan, ujung jari dan di sela-sela kuku. Bukan hanya sekadar menggosok telapak tangan saja.

    5. Wastafel Mudah Diakses

    Jika wastafel terlalu tinggi, sediakan pijakan agar anak mudah menjangkau keran. Pastikan juga sabun berada dalam jangkauan anak.

    Agar anak semakin mudah mencuci tangan, gunakan keran dengan sistem sensor otomatis. Keran dengan sensor otomatis selain praktis, juga meminimalkan sentuhan tangan sehingga risiko penyebaran kuman dapat dicegah.

    Saat mencuci tangan menggunakan keran konvensional, membuat Anda harus memegang keran dengan kondisi tangan kotor. Kuman, bakteri jahat, dan virus pun akan tertinggal di badan keran. 

    Menggunakan keran otomatis yang dikontrol dengan sensor merupakan alternatif yang tepat untuk membuat kegiatan mencuci tangan lebih higienis dan praktis, terutama di dalam rumah atau tempat tinggal yang memiliki banyak penghuni. 

    Keran dikendalikan melalui sensor inframerah bertenaga baterai, pengguna tidak perlu menyentuh keran sama sekali sehingga menekan potensi penyebaran kuman, bakteri, dan virus.
     
    Tips Mengajarkan Anak Rajin Cuci Tangan
    American Standard Line Sensor 

    Produk keran dengan sensor otomatis yang dapat Anda pilih yaitu American Standard Line Sensor. Produk ini sangat mudah digunakan. Cukup arahkan tangan di bawah keran, lalu air akan otomatis mengalir melalui deteksi sensor inframerah bertenaga baterai.

    Sensor inframerah mendeteksi objek apa pun dalam jangkauannya. Sensor yang bekerja pada keran Line Sensor ini dilengkapi teknologi pemrosesan gambar untuk menganalisis berbagai cahaya yang dipantulkan. Meskipun berada di dalam zona deteksi, sensor inframerah mampu menganalisis data cahaya yang dipantulkan dari area pencuci tangan, sehingga air tidak terbuang percuma saat tangan Anda tidak berada pada wastafel.

    Dengan demikian, mencuci tangan tanpa menyentuh keran menjadi lebih higenis dan mudah. American Standard Line Sensor akan membantu meningkatkan kualitas hidup Anda.

    Keunggulan lainnya, American Standard Line Sensor berdaya tahan lama. Hal ini karena badan keran terbuat dari konstruksi kuningan yang sangat tebal disertai lapisan nikel dan kromium untuk ketahanan terhadap korosi.

    Dapatkan penawaran menarik produk Line Sensor American Standard di toko retail yang berpartisipasi. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi LIXIL CustomerCare 0-800-1-267823 (bebas pulsa) pada jam operasional Senin-Sabtu pukul 08.00–17.00 WIB.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id