Ketiak Bau Bisa karena 3 Sebab ini

    Raka Lestari - 28 Juni 2020 13:39 WIB
    Ketiak Bau Bisa karena 3 Sebab ini
    Mengonsumsi makanan tertentu juga bisa menyebabkan ketiak bau. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Ketiak yang berkeringat tentu akan membuat tidak nyaman. Situasi ini juga akan bertambah buruk jika ketiak yang berkeringat tersebut disertai dengan bau yang tidak sedap. Dan ada beberapa faktor yang menyebabkan ketiak Anda menghasilkan bau yang berbeda dari biasanya.

    Berikut ini adalah beberapa penyebab ketiak Anda berbau yang berbeda dari biasanya:

    1. Perubahan pada diet Anda

    “Dengan mengonsumsi makanan tertentu, seperti sayuran yang termasuk dalam kelompok cruciferous dapat berpengaruh pada bau keringat,” ujar Joshua Zeichner, MD, seorang ahli dermatolog. 

    Ini karena sayuran dalam kelompok cruciferous (seperti kubis, kembang kol, brokoli, lobak, selada air dan sawi hijau) mengandung sulfur yang tidak bisa dihancurkan sepenuhnya oleh tubuh. Proses metabolisme makanan ini melepaskan senyawa volatile yang akan menguap pada tubuh dengan melepaskan bau.

    2. Anda mengalami stres berlebih 

    Salah satu penyebab lainnya yang bisa menyebabkan bau pada badan yang berbeda dari biasanya adalah stres yang berlebihan. Hal ini karena ketika tubuh mengalami stres berlebihan, kelenjar apokrin akan aktif dan kelebihan keringat pada tubuh dapat menyebabkan bau yang tidak sedap.

    3. Anda mengembangkan kondisi medis tertentu 

    Kondisi medis juga dapat menyebabkan bau pada ketiak, meskipun sangat jarang terjadi. Kondisi medis seperti gagal ginjal, penyakit hati, dan diabetes juga dapat menyebabkan bau tertentu.

    "Bau yang dihasilkan pada tubuh tergantung pada berbagai jenis bakteri yang ditemukan pada kulit, bersama dengan berbagai jenis makanan yang Anda makan," kata Dr Zeichner. 

    Jika Anda menemukan bahwa bau ketiak Anda berbeda dari biasanya seperti berbau amonia misalnya, bisa jadi itu terjadi karena makanan yang memicu efek berbeda saat bercampur dengan bakteri di tubuh Anda.

    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id