Tips Memilih Yoghurt Rendah Karbohidrat

    Raka Lestari - 21 Januari 2020 08:49 WIB
    Tips Memilih Yoghurt Rendah Karbohidrat
    Yoghurt rendah karbohidrat merupakan salah satu camilan yang sering dipilih. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Karbohidrat sering dianggap sebagai salah satu penyebab kegemukan, sehingga tidak jarang seseorang menghindari konsumsi karbohidrat berlebih. Selain itu, beberapa jenis diet seperti keto dan paleo juga menghindari konsumsi karbohidrat dalam makanan sehari-hari.

    Yoghurt rendah karbohidrat merupakan salah satu camilan yang sering dipilih. Dan menurut ahli diet Carolyn Brown, RD, dari Foodtrainers yang berpusat di New York, yogurt adalah sumber protein dan kalsium yang baik.  

    "Yogurt dibuat dengan menambahkan bakteri ke dalam susu, yang secara alami mengandung jenis gula (karbohidrat) yang disebut laktosa," jelas ahli diet Scott Keatley, RD, dari Keatley Medical Nutrition Therapy, seperti dimuat womenshealthmag.

    Laktosa adalah kombinasi dari dua jenis gula: galaktosa dan glukosa. Namun, ketika Anda menambahkan bakteri ke dalam susu, ia mengubah laktosa menjadi asam laktat.

    "Asam cenderung memiliki rasa pahit, itulah sebabnya yoghurt tanpa rasa jarang disukai,” kata Keatley.

    Meskipun bakteri akan memakan semua susu laktosa sampai tidak ada gula sama sekali, mereka akan mati ketika makanan manisnya habis. Sehingga meskipun yoghurt tidak mengandung karbohidrat dan gula sebanyak susu, mereka masih mengandung beberapa.

    "Selama Anda memerhatikannya dengan benar, Anda benar-benar dapat menikmati yoghurt sekalipun sedang mengikuti diet rendah karbohidrat," kata Jessica Cording, MS, RD, ahli diet dan penulis The Little Book of Game-Changers.

    "Untuk klien saya yang mengikuti diet rendah karbohidrat, saya biasanya merekomendasikan Greek yoghurt atau skyr,” katanya.

    Jika Anda tidak menyukai Greek yogurt atau skyr pastikan untuk tetap menggunakan yoghurt biasa, namun tanpa pemanis dan lemak tambahan, kata ahli diet Amy Stevens, RDN.

    “Sekalipun itu jenis yoghurt rendah gula, namun buah tambahan dan konsentrat tambahan bisa meningkatkan kandungan gula di dalamnya,” kata Stevens.

    Agar lebih kenyang, Anda bisa menambahkan topping seperti chia seeds atau ground flax yang mengandung serat sehingga Anda bisa merasa lebih kenyang, saran Cording. Jika Anda membutuhkan sedikit rasa manis, tambahkan sedikit sirup maple atau madu. Anda juga dapat mencampur beberapa beri, yang memberikan rasa, serat, dan rasa manisnya sendiri, saran Stevens.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id