Tips Tenangkan Pikiran Sebelum Tidur

    Sunnaholomi Halakrispen - 24 Juli 2019 13:28 WIB
    Tips Tenangkan Pikiran Sebelum Tidur
    Ilustrasi--(Foto: Shutterstock)
    Beberapa orang kerap kesulitan untuk tidur di malam hari. Penyebabnya tak lain karena masalah yang tengah dipikirkan.


    Jakarta:
    Tidur di waktu yang sama setiap malam merupakan kebiasaan yang baik. Tapi mungkin Anda tidak merasakannya karena ada gangguan dalam pikiran Anda yang membuat Anda sulit tidur.

    Dilansir dari WebMD, jika Anda mengalaminya, jangan berbaring lebih dulu. Tapi, lakukan suatu hal untuk bersantai sejenak menenangkan pikiran itu. Sebab, pikiran yang kacau bisa menyebabkan insomnia.

    Anda bisa melakukan sejumlah aktivitas ringan yang bisa mengatasi masalah ini. Di antaranya, mandi air hangat, membaca buku ringan yang tak menguras Anda untuk berpikir berat, mendengarkan musik yang lembut dan menenangkan, atau duduk di kursi yang nyaman. Setidaknya setengah jam.

    Cara lain, jangan pikirkan tentang pembayaran tagihan apapun di malam hari sebelum tidur. Sebab, hal yang penuh tekanan seperti pekerjaan atau keuangan Anda, dapat membuat pikiran Anda terus berputar atau bekerja.

    Lakukan kewajiban membayar tagihan di keesokan harinya. Juga, matikan film dan TV yang menakutkan atau penuh aksi. Hindari juga membuka atau mengaktifkan media sosial Anda.

    Meskipun Anda tidak memposting apapun atau hanya melihat isi di dalam media sosial maupun menyaksikan tayangan film. Sebab, pikiran Anda bisa bekerja dan membuat Anda lebih sulit bersantai.

    Selain itu, layar pada gadget Anda mengeluarkan cahaya biru yang menyebabkan tubuh Anda berhenti membuat melatonin atau hormon yang mengontrol ketika Anda merasa mengantuk. Sebaliknya, cahaya ini memberi tahu otak Anda untuk tetap waspada.

    Anda juga bisa membuat daftar yang harus dilakukan. Sulit untuk tertidur ketika Anda mencoba mengingat setiap hal terakhir yang perlu Anda lakukan ketika terbangun di pagi hari.

    Maka, lepaskan beban mental tentang hal itu dengan menumpahkannya di atas kertas. Luangkan lima menit sebelum tidur untuk mencatat setiap tugas yang harus Anda selesaikan di pagi hari. Anda akan melupakannya dan bisa tertidur lebih cepat.

    Tubuh yang merasa rileks pun memengaruhi pikiran. Begitu pula sebaliknya. Tubuh yang tegang bisa membuat pikiran menjadi tegang pula atau stres. Bukan melakukan latihan yang berat, tapi stretching atau lakukan peregangan otot sederhana.

    Berbaringlah di permukaan yang rata dan biarkan tubuh Anda merasa lemas. Ambil napas dan buang napas dalam-dalam. Lalu, perhatikan juga jari kaki, tumit, lutut, paha, perut, dan sebagainya. Nikmatilah betapa rileksnya tubuh Anda.

    Mungkin Anda merasa waktu tidur Anda tersita dibandingkan memilih langsung membaringkan diri di kasur. Tapi nyatanya, kualitas tidur Anda bisa lebih baik karena Anda akan lebih nyaman dan nyenyak menikmati tidur malam Anda.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id