Cara Alami Mengatasi Kutu Rambut

    Raka Lestari - 06 Januari 2020 11:30 WIB
    Cara Alami Mengatasi Kutu Rambut
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Kutu pada rambut tentu sangat mengganggu. Rasa gatal yang disebabkan oleh kutu rambut terkadang juga membuat tidak nyaman.

    Biasanya untuk mengatasi kutu rambut, banyak orang menggunakan sampo khusus untuk mengatasinya. Tetapi kandungan bahan kimia yang terdapat pada sampo khusus untuk kutu rambut mungkin bisa dikurangi dengan menggunakan bahan yang lebih alami.

    Salah satu bahan alami yang dianggap bisa mengatasi kutu rambut adalah tea tree oil atau minyak pohon teh. Bindiya Gandhi, MD, seorang dokter kelurga asal Georgia, Amerika Serikat menyetujui bahwa tea tree oil memiliki manfaat untuk menghilangkan kutu rambut.

    Kutu rambut sendiri dapat disebarkan melalui kontak dengan pakaian, seperti topi dan jaket, dan barang-barang pribadi seperti sikat dan handuk, menurut American Academy of Dermatology. Meskipun banyak yang berpendapat bahwa kutu rambut lebih cenderung tertarik pada rambut kotor, kenyataannya adalah kebersihan menjadi penyebab kutu rambut itu muncul.

    "Ada obat-obatan dan produk yang dapat mengobati kutu rambut, mulai dari sampo, bahkan lotion yang tinggal mengaplikasikan pada rambut selama beberapa waktu dan kemudian dibilas. Tetapi ada beberapa variasi untuk mengatasi kutu rambut secara alami, salah satunya tea tree oil," kata Dr Gandhi.

    Juga dikenal sebagai minyak melaleuca, tea tree oil adalah minyak esensial yang diperoleh dari penyulingan daun pohon pohon teh Australia (Melaleuca alternifolia). Tea tree oil mengandung dua komponen utama, yaitu 1,8-cineole dan terpinen-4-ol.

    Sebuah penelitian di Parisitology Research telah menemukan bahwa larutan tea tree oil berjumulah 1 persen mampu membunuh 100 persen kutu kepala dalam waktu 30 menit. Tea tree oil ditambah minyak lavender, yang bersifat sebagai antibakteri juga dapat bekerja mengatasi kutu rambut.

    Meskipun tea tree oil telah terbukti efektif untuk mengurangi kutu rambut, penting bagi Anda untuk melakukan tindakan pencegahan terlebih dahulu. Sebelum Anda menggunakannya, cobalah setetes kecil di punggung tangan untuk mengetahui apakah ada alergi atau tidak. Jika tidak ada reaksi ruam atau gatal, Anda bisa menggunakannya dengan dicampurkan dengan air terlebih dahulu.

    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id