Sulit Melahirkan Normal jika Panggul Kecil, Mitos atau Fakta?

    Raka Lestari - 04 September 2018 14:42 WIB
    Sulit Melahirkan Normal jika Panggul Kecil, Mitos atau Fakta?
    (Foto: Romper)



    Jakarta: Ada mitos yang mengatakan bahwa ukuran panggul menentukan kelancaran proses melahirkan. Banyak yang percaya, ukuran panggul yang kecil membuat wanita tidak bisa melahirkan secara normal sehingga harus operasi caesar.

    Namun, benarkah hal tersebut?






    "Anda tidak dapat mengukur panggul wanita dan menentukan apakah mereka bisa melahirkan dengan normal atau tidak," ujar Rachel Hart, bidan dari Birthing Way Homebirth Midwifery Care di Amerika Serikat seperti dilansir dari Romper.
     
    "Jika seorang wanita mengalami kendala ketika melahirkan, itu karena bentuk panggul secara keseluruhan dan posisi bayi, bukan karena ukuran lingkar panggul."

    Angka kejadian seseorang yang tidak dapat melahirkan secara normal karena lingkar panggul yang kecil sangat jarang dan bukan karena ukuran bayinya yang terlalu besar.

    Namun memang ada beberapa jenis bentuk panggul yang membuat wanita lebih mudah melahirkan. Panggul ginekoid merupakan bentuk yang ideal untuk melahirkan, ujar Hart. 

    Panggul ginekoid bentuknya seperti mangkuk jika dilihat dari atas dan bulat yang memungkinkan bayi untuk keluar dari panggul dengan sedikit gangguan dari struktur tulang ibunya. 

    "Ketika Anda melihat ke panggul, ginekoid seperti mangkuk," kata Hart. "Sedangkan untuk bentuk lainnya, lebih sempit dan lebih sedikit ruang bagi bayi untuk bergerak, tetapi sebagian besar masih bisa melahirkan normal."

    Lihat video:




    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id