Apakah Menelan Biji Buah Bisa Meracuni Tubuh?

    Raka Lestari - 25 September 2020 08:05 WIB
    Apakah Menelan Biji Buah Bisa Meracuni Tubuh?
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: Biji yang terdapat di dalam buah pada umumnya tidak bisa dimakan. Akan tetapi, beberapa orang memasak biji dari buah-buahan tersebut untuk dimakan.

    Muncul pertanyaan, apakah mengonsumsi biji buah bisa sangat berbahaya? Dilansir dari Women’s Health, biji yang terdapat pada buah-buahan memang mengandung senyawa yang disebut amygdalin.

    Saat tertelan, amygdalin ini akan terurai menjadi hidrogen sianida. Bahayanya, hidrogen sianida sendiri akan menjadi racun jika tertelan.

    Akan tetapi, jika Anda tidak sengaja menelan biji dari buah-buahan, jangan khawatir. Menurut Poison Control, pada kenyataannya, mengalami keracunan dari ketidaksengajaan menelan biji dari buah-buahan sangat jarang atau tidak mungkin terjadi.

    Bahkan jika Anda sengaja memakannya mentah-mentah, akan membutuhkan biji dalam jumlah yang banyak untuk bisa membuat Anda sakit. Meskipun begitu, tetap saja tidak dianjurkan dengan sengaja menelan biji dari buah-buahan.

    Menurut National Institute of Health, mengenai zat beracun menyebutkan bahwa manusia seberat 150 pon dapat dengan aman mengonsumsi 703 miligram hidrogen sianida per hari.

    Untuk itu, National institute of Health menyebutkan bahwa jika Anda tidak sengaja menelan biji anggur atau jeruk, maka hal tersebut masih tergolong aman. Kemungkinan besar tidak menimbulkan efek buruk apapun pada tubuh Anda.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id