Tips Memilih Buah Nanas yang Sempurna

    Sunnaholomi Halakrispen - 12 Mei 2020 15:03 WIB
    Tips Memilih Buah Nanas yang Sempurna
    Memilih nanas yang matang bisa menjadi tantangan bagi sejumlah orang. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Memilih nanas yang matang bisa menjadi tantangan bagi sejumlah orang. Tidak seperti buah-buahan lain, ada banyak lagi yang perlu diperiksa selain warna dan tampilannya.

    Bahkan, untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan buah nanas yang terbaik untuk uang yang Anda keluarkan, Anda harus memerhatikan tekstur, aroma, dan juga berat buahnya. Berikut beberapa tips sederhana untuk membantu Anda memilih buah nanas yang sempurna sebelum membelinya, seperti dilansir healthline:

    1. Periksa warnanya

    Saat berbelanja di supermarket, pastikan untuk mencari buah nanas yang memiliki daun hijau cerah dan sehat, yang dianggap sebagai tanda kesegaran. Idealnya, eksterior harus memiliki rona kuning kehijauan, yang dapat menunjukkan bahwa buah ini sepenuhnya matang.

    Hal itu karena nanas perlahan berubah dari hijau menjadi kuning saat mereka matang, dan mereka berhenti matang setelah dipetik. Namun, nanas hijau mungkin sudah matang dalam beberapa kasus, itulah sebabnya mengapa penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain di luar warna saat memilih nanas.

    2. Peras

    Sama seperti buah-buahan lainnya, tekstur nanas bisa menjadi cara jitu untuk membantu menentukan apakah buah yang Anda pilih sudah sepenuhnya matang. Nanas yang sudah matang seharusnya memiliki cangkang keras tetapi agak lunak saat Anda memeras atau menekannya.

    Sebab, buah nanas yang benar-benar padat atau keras ketika diperas tidak mungkin sepenuhnya matang. Maka metode ini bisa Anda lakukan dengan penuh perhatian.

    3. Cium aromanya

    Salah satu cara terbaik untuk mengetahui apakah nanas sudah matang dan siap dinikmati adalah dengan menciumnya. Nanas yang sudah matang biasanya memiliki aroma atau bau yang manis di bagian bawah, tepat di dekat pangkal buah.

    Jika nanas tidak memiliki bau, itu bisa berarti nanas tidak sepenuhnya matang. Di sisi lain, bau yang menyengat atau pahit sering menunjukkan bahwa nanas mungkin terlalu matang.

    4. Nilai beratnya

    Memeriksa berat nanas bisa menjadi strategi yang efektif untuk membantu mengukur kematangannya. Carilah nanas yang terasa berat untuk ukurannya, yang seringkali berarti lebih matang.

    Dalam banyak kasus, nanas yang berat merupakan pertanda bahwa nanas lebih berair. Hal ini juga berarti nanas cenderung lebih manis dan lebih enak.

    5. Tarik daunnya

    Cara mudah lainnya untuk mengetahui apakah nanas sudah matang ialah dengan menarik daunnya secara perlahan, yang merupakan daun besar yang menonjol dari atas nanas. Menurut beberapa orang, daunnya harus mudah dicabut jika nanas sudah matang dan siap dinikmati. Di lain sisi, daun yang sulit ditarik mungkin merupakan pertanda bahwa nanas belum matang sepenuhnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id