Tips untuk Pasien Diabetes Menjaga Level Gula Darah

    Raka Lestari - 13 Juli 2020 13:41 WIB
    Tips untuk Pasien Diabetes Menjaga Level Gula Darah
    Ilustrasi-Unsplash
    Jakarta: Bagi pasien diabetes, yang tidak bisa mengolah gula darah secara efektif, mengonsumsi karbohidrat dapat meningkatkan gula darah. Dan karena hal itu, banyak pasien diabetes yang membatasi konsumsi gula atau karbohidrat seperti yang ada dalam buah dan biji-bijian.

    Akan tetapi, buah juga kaya akan serat dan mengonsumsinya dapat membantu menjaga level gula darah dan bahkan membantu mencegah diabetes tipe 2. Untuk itu, penting memperhatikan beberapa hal berikut agar buah yang dikonsumsi tetap aman bagi pasien diabetes.

    “Ada mitos yang menyebutkan bahwa pasien diabetes tidak boleh mengonsumsi buah karena kandungan gula di dalamnya berbahaya, tetapi hal itu tidak sepenuhnya benar,” kata Susan Besser, MD, seorang dokter perawatan primer di Maryland, AS.

    Susan juga mengatakan, buah memang mengandung gula. Untuk itu sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah wajar. Namun buah merupakan gula yang sehat dan dapat mencerna lebih baik makanan Anda.

    “Saya menyarankan buah yang segar, bukan buah kalengan atau yang sudah diproses dan bukan buah kering. Buah-buahan tersebut memiliki kandungan gula yang tinggi karena kandungan airnya dihilangkan. Sehingga Anda cenderung makan dalam jumlah lebih banyak dibandingkan buah segar, sehingga dapat menyebabkan lonjakan gula,' jelas Susan.

    Dan di antara buah segar, beberapa jenis lainnya merupakan pilihan yang terbaik jika memiliki kandungan indeks glikemik (GI) yang rendah seperti berikut:

    -Alpukat: 15
    -Apel: 36
    -Jeruk: 43
    -Pisang: 51

    Buah yang mengandung GI tinggi dan gula:

    -Manga: 56
    -Anggur: 59
    -Semangka: 76

    Namun kandungan glikemiks pada buah bukanlah satu-satunya yang harus diperhatikan, kandungan air di dalamnya juga perlu diperhatikan. Misalnya adalah semangka, meskipun memiliki GI yang tinggi semangka tetap pilihan aman karena 92 persen mengandung air.

    “Semangka memang sarat dengan gula, tetapi karena kadar airnya yang tinggi maka jumlah gula per sajinya masih tergolong aman,” kata Orville Kolterman, MD, kepala petugas medis di Pendulum, sebuah perusahaan yang membuat produk untuk membantu mengendalikan kadar glukosa.

    Dan untuk mengetahui efek gula pada tubuh Anda, sebaiknya mengecek kadar gula darah sekitar 1 atau 2 jam sebelum mengonsumsinya. Hal itu dilakukan untuk mengetahui respons tubuh terhadap buah yang akan dikonsumsi.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id