Tips Berjemur untuk Menghindari Virus Korona

    Sunnaholomi Halakrispen - 27 Maret 2020 07:05 WIB
    Tips Berjemur untuk Menghindari Virus Korona
    Ilustrasi-Unsplash
    Jakarta: Virus menyerang tubuh dengan mudah tanpa disadari. Seperti SARS-CoV-2, virus penyebab penyakit covid-19 (new coronavirus). Salah satu cara menghindari tubuh dari virus ialah dengan berjemur.

    Dokter. Vinci Edy Wibowo, Sp.P menyatakan bahwa, upaya mencegah covid-19 dengan berjemur dan mendapatkan sinar matahari. Anjuran itu sependapat dengan ahli nutrisi dr. Tan Shot Yen. Menurutnya, sinar matahari bisa menjadi asupan vitamin D3 untuk tubuh manusia.

    "Untuk itu, berjemurlah pada jam 10, tidak perlu lama. Cukup sampai terasa panas saja," tutur dr. Tan Shot Yen.

    Tips yang bisa dilakukan sebelum berjemur setidaknya ada empat. Pertama, gunakan tabir surya sebelum berjemur. Sebab, kulit juga butuh perlindungan sebelum berjemur.

    Maka demikian, pakailah tabir surya dengan kadar SPF yang sesuai dengan kondisi terik matahari. Apabila Anda tidak memakai tabir surya, bisa menggunakan aloe vera agar kulit tidak mengalami komplikasi.

    Kedua, pilih waktu yang tepat untuk berjemur. Sinar matahari yang baik bagi tubuh ada pada saat matahari pagi sekitar pukul 8-10. Selama tidak memiliki komplikasi dengan sinar matahari, kita bisa berjemur lebih kurangnya 5-20 menit dalam sehari.

    Selanjutnya, saat berjemur juga perlu mengubah posisi dengan sisi yang berbeda. Cara ini berguna agar tubuh mendapatkan sinar matahari secara merata dari bagian depan dan belakang tubuh.

    Terakhir, konsumsilah beta karoten. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beta karoten dapat membantu mengurangi sensitivitas sinar matahari atau dapat membantu mengurangi risiko kulit terbakar. Contoh makanan yang mengandung beta karoten di antaranya wortel, ubi, dan kangkung.

    Selain keempat tips berjemur tersebut, terapkan juga tindakan lain untuk mendukung tubuh terhindar dari penyebaran virus seperti covid-19. Salah satunya, upayakan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan tetap minum air mineral yang cukup.

    Kemudian, menjaga sistem kekebalan tubuh dengan makan makanan yang bergizi, bisa juga dengan mengonsumsi vitamin tambahan. Selain itu, berolahraga dengan rutin dan lakukan istirahat yang cukup.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id