Pentingnya Merawat Diri untuk Mengontrol Mood Anda

    Kumara Anggita - 19 April 2020 19:09 WIB
    Pentingnya Merawat Diri untuk Mengontrol <i>Mood</i> Anda
    Untuk mengontrol mood Anda tidak bisa hanya berdiam saja. Anda harus berusaha mencari kegiatan-kegiatan positif yang paling cocok dengan Anda. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Self-quarantine ditambah banyaknya tekanan dari luar akibat covid-19 bisa membuat mood berantakan dan mental beberapa orang terguncang. Bila Anda tidak mengatasinya dengan tepat, masa-masa ini akan terasa semakin berat.

    Oleh karena itu, Psikolog Klinis, Bianglala Andriadewi S.Psi., M.Psi., Psikolog dari Ibunda.id menganjurkan Anda untuk merawat diri. Sesuatu yang harus menjadi prioritas Anda saat ini.

    Menurutnya dalam masa-masa seperti ini, perubahan mood sangat umum terjadi. Ini terjadi karena Anda merasa takut, jenuh, dan sendiri.

    “Sebenarnya secara umum, self-quarantine berdampak bagi kondisi mental kita, besar maupun kecil. Yang biasanya beraktivitas di luar rumah, saat ini harus ‘mengurung’ diri di kamar atau rumah, yang biasanya bertemu orang-orang tertentu, saat ini tidak bisa. Atau mungkin yang kurang nyaman dengan suasana rumahnya, saat ini ‘terpaksa’ harus selalu berada di rumah,” jelasnya pada Medcom.id.

    “Kesendirian, kejenuhan, ketakutan karena covid 19 itu sendiri sangat bisa berpengaruh bagi kesehatan mental dan mood kita,” lanjutnya.

    Untuk mengontrol mood itu, Anda tidak bisa hanya berdiam saja. Anda harus berusaha mencari kegiatan-kegiatan positif yang paling cocok dengan Anda.

    “Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat mood kita membaik; bangun pagi, membuka jendela, menikmati sinar matahari dan udara pagi, makan-makanan yang sehat dan berigizi, olahraga, mendengarkan, membaca, dan menonton hal-hal yang menyenangkan juga dapat mempengaruhi mood kita,” ungkapnya.

    “Jika memang diperlukan, sementara waktu kurangi menonton atau membaca hal-hal yang tidak menyenangkan. Boleh juga membatasi diri dari berita-berita tentang covid-19 jika dirasa membuat tambah stres. Meski sedang self-quarantine, jangan lupa untuk tetap terkoneksi dengan orang-orang yg kita sayangi,” lanjutnya.

    Hal-hal tersebut adalah bentuk dari self-care atau bagaimana Anda merawat diri Anda sendiri. Self-care adalah hal yang Anda prioritaskan saat menghadapi situasi berat seperti ini.

    “Di saat seperti ini, self-care adalah hal yang sangat penting. Situasi yang tidak seperti biasanya dan serba berubah, mencoba adaptasi dengan aktivitas-aktivitas baru, kesendirian, dan kesepian berpengaruh pada kesehatan mental kita,” ujarnya.

    Semua ini dilakukan demi kesehatan mental Anda. Mental yang sehat pada akhirnya akan memberikan hasil yang positif ke segala aspek kehidupan Anda.

    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id