Berapa Lama Virus Korona Bertahan di Permukaan?

    Kumara Anggita - 16 Maret 2020 09:54 WIB
    Berapa Lama Virus Korona Bertahan di Permukaan?
    ilustrasi. (Foto: AFP)
    Jakarta: Saat ini masyarakat jadi berpikir dua kali untuk menyentuh barang-barang di sekitarnya. Ini karena WHO menyatakan virus korona atau covid-19 bisa menular dari percikan batuk atau bersin orang yang sudah terkena virus korona.

    Beredar berbagai informasi tentang seberapa lama virus ini dapat bertahan pada benda. 
    Berikut penjelasan seperti dilansir dari Live Science

    Hingga saat ini belum ada jawaban yang pasti tentang ketahanan virus korona di benda-benda. Namun, Sebuah analisis baru menemukan bahwa virus dapat tetap hidup di udara hingga 3 jam, pada tembaga hingga 4 jam, pada kardus hingga 24 jam dan pada plastik dan stainless steel hingga 2 hingga 3 hari. Penelitian yang diterbitkan dalam database preprint medRxiv hari Rabu, 11 Maret 2020 ini sejauh ini belum ditinjau lebih lanjut.

    Penelitian lain yang diterbitkan pada bulan Februari di The Journal of Hospital Infection menganalisis banyak makalah tentang human coronavirus (selain coronavirus baru) untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik, tentang berapa lama virus ini dapat bertahan hidup di luar tubuh.

    Mereka menyimpulkan bahwa jika virus korona baru ini menyerupai virus korona manusia lainnya, seperti "sepupunya" yang menyebabkan SARS dan MERS, maka dia dapat tetap berada di permukaan  seperti logam, gelas atau plastik selama sembilan hari (Sebagai perbandingan, virus flu dapat bertahan di permukaan hanya sekitar 48 jam).

    Tetapi beberapa dari virus ini tidak tetap aktif pada suhu yang lebih tinggi dari 30 derajat Celsius. Para penulis juga menemukan bahwa coronavirus ini dapat secara efektif disapu oleh desinfektan rumah tangga.

    Itu lah mengapa Anda harus sering-sering mencuci tangan dengan benar. Gunakan sabun dan air atau pembersih berbahan dasar alkohol agar virus-virus ini bisa hilang bila Anda tak sengaja menyentuhkan di luar.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id