Telepsikiatri untuk Pasien dengan Gangguan Jiwa di Masa Pandemi

    Raka Lestari - 28 Juni 2020 14:35 WIB
    Telepsikiatri untuk Pasien dengan Gangguan Jiwa di Masa Pandemi
    Konsultasi melalui telepsikiatri dapat mengikuti anjuran pemerintah untuk menerapkan physical distancing. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Pandemi covid-19 yang telah berlangsung beberapa waktu belakangan ini membuat masyarakat Indonesia harus membatasi kegiatan mereka. Masyarakat juga dihimbau untuk membatasi kunjungan ke rumah sakit kecuali dalam keadaan terdesak.

    Dan di tengah pandemi covid-19, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) mengimbau psikiater untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien melalui telepsikiatri. 

    Telepsikiatri adalah bagian dari telemedicine yang melibatkan berbagai pelayanan medis terkait psikiatri seperti evaluasi psikiatri, terapi, edukasi pasien dan manajemen terapi.

    “Telepsikiatri sendiri juga memiliki manfaat jangka panjang, seperti meningkatkan akses pelayanan kesehatan jiwa kepada pasien ke daerah yang sulit dijangkau atau terpencil,” ujar dr. Prasila Darwin, Sp.KJ, Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa, dalam Webinar Telemedicine untuk Pasien dengan Gangguan Jiwa Di Tengah Pandemi Covid-19, Jumat, 26 Juni 2020 lalu.

    Ia juga menambahkan bahwa telepsikiatri dapat membawa pelayanan ke tempat tinggal pasien, membantu pelayanan kesehatan perilaku yang terintegrasi dan pelayanan primer yang berdampak kepada hasil yang lebih baik. 

    “Telepsikiatri juga dapat menurunkan kebutuhan pasien untuk datang ke IGD, mengurangi keterlambatan pelayanan, meningkatkan keberlanjutan terapi dan tindak lanjut terapi, mengurangi hambatan yang muncul karena transportasi seperti kurangnya kendaraan atau kebutuhan untuk bepergian jauh, dan mengurangi hambatan stigma negatif,” tambah dr. Prasila. 

    Dengan melakukan terapi atau konsultasi melalui telepsikiatri, maka dapat mengikuti anjuran pemerintah untuk menerapkan physical distancing dan mengurangi kunjungan ke rumah sakit, sehingga dapat menekan angka penyebaran covid-19.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id