Tips Jalankan New Normal untuk Anak yang Alergi Susu Sapi

    Kumara Anggita - 29 Juni 2020 09:00 WIB
    Tips Jalankan New Normal untuk Anak yang Alergi Susu Sapi
    Ini tips menjalankan New Normal atau kenormalan baru bagi mereka yang memiliki alergi susu sapi. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Pandemi covid-19 adalah situasi yang tak mudah terlebih untuk anak yang memiliki alergi susu sapi. Ini karena menurut Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA (k), M.Kes, anak dengan alergi susu memiliki sistem daya tahan tubuh yang unik dan lebih sensitif. 

    Data terakhir yang dipublikasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), menunjukkan kasus anak yang terkonfirmasi positif di Indonesia sangat tinggi dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. 

    Tingginya angka kasus menunjukkan bahwa anak-anak menjadi kelompok usia yang rentan mengalami penularan di masa pandemi, termasuk anak yang alergi dengan protein susu sapi. 

    “Kesehatan anak di masa pandemi ini memang rentan, termasuk anak yang alergi terhadap protein susu sapi, karena sistem daya tahan tubuhnya unik dan lebih sensitif," kata Prof. Budi dalam Webinar dengan tema Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju: Tanggap Alergi di Masa Pandemi untuk Generasi Maju.

    "Untuk itu, pemahaman masyarakat khususnya orang tua mengenai penyebab terjadinya alergi susu sapi pada si kecil perlu terus ditingkatkan sehingga dapat memberikan penanganan yang tepat agar kesehatannya terus terjaga dan ia tetap bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal seperti anak-anak lainnya,” papar Prof. Budi. 

    Untuk itu, Prof. Budi membagikan tips jalankan New Normal atau kenormalan baru bagi mereka yang memiliki alergi susu sapi. Berikut tipsnya:
    - Tidak melakukan penundaan imunisasi

    - Pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai SDIDTK (stimulasi deteksi, intervensi dini tumbuh kembang)

    - Tetap menjaga kesehatan dengan nutrisi lengkap dan seimbang. Perbanyak makan buah dan sayuran, dan aktivitas fisik yang sesuai

    - Ajari anak untuk mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker, dan menghindari kerumunan atau keramaian

    - Berjemur di depan rumah setiap pagi sekitar 10-15 menit untuk mengoptimalkan asupan vitamin D yang baik untuk daya tahan tubuh. Dengan tips ini diharapkan anak-anak tetap sehat dan terjaga saat menjalankan kehidupannya sehari-hari. 



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id