3 Jenis Diet untuk Penderita Diabetes

    Raka Lestari - 01 Agustus 2020 08:04 WIB
    3 Jenis Diet untuk Penderita Diabetes
    Bagi seseorang dengan diabetes, penting sekali untuk mengonsumsi diet sehat yang berfokus pada buah dan sayuran. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Bagi seseorang dengan diabetes, penting sekali untuk mengonsumsi diet sehat yang berfokus pada buah dan sayuran. Selain itu, seseorang dengan diabetes juga sebaiknya membatasi atau menghindari karbohidrat dan gula.

    Seperti dilansir Insider, jika Anda ingin mencoba untuk melakukan rencana makan dengan makanan yang tepat, cobalah tiga jenis diet seperti berikut:

    Diet Mediterania

    Diet Mediterania adalah diet yang berfokus pada makanan berbahan dasar tanaman seperti buah-buahan, sayur, dan kacang-kacangan. Proteon dari ikan dan lemak sehat seperti minyak zaitun. Diet ini sering direkomendasikan untuk pasien diabetes karena mengandung banyak sayuran dan protein tanpa lemak serta membatasa gula tambahan.

    Sebuah studi pada tahun 2009 yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetic Medicine menemukan bahwa pasien yang mengikuti Diet Mediterania memiliiki tingkat gula darah yang lebih rendah setelah mengonsumsi makanan mereka dibandingkan pasien yang tidak mengikuti Diet Mediterania.

    Diet DASH

    Diet DASH sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Diet Mediterania, yaitu berfokus pada buah, sayur, dan protein tanpa lemak. Meskipun diet ini dirancang khusus untuk membantu orang dengan tekanan darah tinggi, tetapi diet ini juga bermanfaat untuk pasien diabetes.

    Sebuah studi pada tahun 2019 yang dipublikasikan dalam Diabetes Management menemukan bahwa dengan mengikuti diet DASH dapat membantu remaja dengan diabetes tipe 1 untuk memiliki kontrol yang lebih baik pada kondisi mereka setelah 18 hari melakukandiet ini.

    Diet Keto

    Diet Keto berfokus pada mengonsumsi lemak dan protein dan mengurangi karbohidrat. Diet ini bertujuan untuk menempatkan tubuh Anda dalam kondisi metabolis yang disebut ketosis. Ketosis ini terjadi ketika tubuh Anda membakar lemak untuk tenaga daripada menggunakan karbohidrat.

    Berdasarkan studi pada tahun 2019 yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa diet Keto kemungkinan efektif dalam mengurangi gula darah dan berat badan pada seseorang dengan diabetes tipe 2, tetapi memotong karbohodrat secara drastis mungkin tidak disarankan untuk jangka panjang karena banyak orang merasa kesulitan untuk melakukan hal tersebut.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id