comscore

Apakah Pakai Payung Bisa Mencegah Kanker Kulit?

Raka Lestari - 02 Maret 2020 09:13 WIB
Apakah Pakai Payung Bisa Mencegah Kanker Kulit?
Apakah memakai payung bisa mencegah kanker kulit? Simak penjelasan dari dr. Dara Ayuningtyas, dari Head Medical & Training ZAP Beauty Clinic. (Foto: Pexels.com)
Jakarta: Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang cukup berbahaya. Paparan sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB secara terus menerus dapat menjadi salah satu penyebab kanker kulit dalam jangka panjang.  

Untuk mencegah paparan sinar matahari, banyak orang menggunakan payung ketika beraktivitas untuk menghalau paparan sinar matahari. Namun apakah hal tersebut dapat efektif mencegah paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit?  

 



“Kalau menggunakan payung sebenarnya lebih ke salah satu metode untuk pencegahan terjadinya kanker kulit. Kalau untuk peelindungan kulitnya tetap harus menggunakan sun protection. Kalau tidak menggunakan sun protection, meskipun menggunakan payug tetap saja bisa berbahaya bagi kulit,” dr. Dara Ayuningtyas, Head Medical & Training ZAP Beauty Clinic. 

Ia juga menambahkan, “Sebenarnya kata-kata yang tepat itu sun protection, bukan sun block. Kalau sun block itu ngeblok matahari sama sekali ke kulit, padahal secara klinis hal tersebut belum bisa dipastikan."

"Sedangkan kalau sun protection itu melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB. Kalau cuma menggunakan payung tidak memengaruhi paparan sinar matahari terlalu signifikan,” ujar dr. Dara.  

Menurutnya sun screen atau sun protection sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. 
“Kalau physical sunscreen biasanya mengandung zinc oxide, sedangkan chemical sunscreen menyerap sinar matahari. Kalau di pasaran biasanya gabungan antara keduanya.”  

Sedangkan untuk kandungan SPF pada sun screen menurut dr. Dara hal tersebut tergantung dari kulit dari individu masing-masing. “SPF itu singkatan dari Sun Protection Factor. Durasi seseorang untuk mengalami sunburn biasanya berbeda-beda. Seperti saya misalnya, saya 10 menit bisa langsung sunburn. Sehingga kalau menggunakan sun protection dengan SPF 15 berarti hanya akan bertahan selama 2,5 jam."

"Oleh karena itu sebaiknya ketika menggunakan sun protection, lakukan reapply setiap dua atau tiga jam sekali. Meskipun sudah menggunakan SPF yang tinggi,” tutup dr. Dara. 

(TIN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id