Tips Tangani Pencernaan Anak

    Sunnaholomi Halakrispen - 05 Maret 2020 10:03 WIB
    Tips Tangani Pencernaan Anak
    Gangguan pencernaan yang dialami anak memengaruhi ruang gerak. Bahkan, membuat mereka kesulitan beraktivitas. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Gangguan pencernaan yang dialami anak memengaruhi ruang gerak. Bahkan, membuat mereka kesulitan beraktivitas. Agar tidak terjadi berlarut-larut, lakukanlah sejumlah tips untuk menanganinya.

    Yaitu, menjaga kesehatan perut si kecil, penuhi nutrisi dengan gizi seimbang, dan konsumsi serat sesuai dengan rekomendasi serat harian. Kenali juga fungsi saluran cerna si kecil serta cukupi aktivitas fisik untuk menstimulasi gerak saluran cerna.

    Satu hal utama yang harus diperhatikan ialah memerhatikan pola konsumsi serat. Hal tersebut disampaikan Prof. dr. Badriul Hegar. Ph.D, Sp.A(K) selaku Peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi.

    "Manfaat serat bagi pencernaan si kecil, yaitu membantu menyerap air di usus besar, pemperbesar volume feses, melunakkan konsistensi feses," ujar Prof. Hegar di Kaum Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu, 4 Maret 2020.

    Kemudian, mengonsumsi serat dapat mempercepat waktu transit di usus besar. Selain itu, juga menstimulasi saraf pada rektum agar anak memiluju keinginan untuk buang air besar (BAB).
    Maka demikian, konsumsilah sumber makanan yang tinggi serat. Di antaranya, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

    "Buah mencakup apel, mangga, jeruk, buah naga, strawberry, dan lain-lain. Kalau sayuran, semakin gelap warnanya, semakin tinggi kandungan seratnya," paparnya.

    Sedangkan, kacang-kacangan meliputi kacang hijau, kacang edamame, kacang polong, kacang almond. Kemudian, konsumsi bji-bijian (whole grain) dan produk gandum.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id