Pakar Gizi Membantah MSG Bisa Bikin Bodoh

    Sunnaholomi Halakrispen - 06 Februari 2020 07:12 WIB
    Pakar Gizi Membantah MSG Bisa Bikin Bodoh
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Konon, mecin atau vetsin bisa membuat orang bodoh. Namun, apakah hal tersebut benar bahwa ada pengaruh dari MSG (monosodium glutamate) ke perkembangan otak. Khususnya pada anak-anak?

    "Anak jadi bodoh itu kalau sejam di dalam kandungan, anak itu lahir dengan kurang berat badannya, kurang gizi. Itu pertumbuhan otaknya yang terganggu," ujar Prof. DR. Dr. Nurpudji A. Taslim, MPH, Sp.GK(K) selaku Ketua Umum PDGKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia).

    "Sejak usia dua tahun, pertumbuhan otak anak sudah sebesar 80 persen dari otak orang dewasa. Jadi semakin banyak sel otaknya, anaknya makin cerdas," tambahnya.

    Prof. DR. Dr. Nurpudji memaparkan bahwa apabila anak mengalami kurang gizi pada saat itu, maka kemampuan berpikirnya akan berkurang. Maka demikian, bukan dipengaruhi oleh konsumsi MSG.

    "Ini yang harus diluruskan. Jadi ibu itu harus memberikan makanan dengan benar, makanan sehat, perbaiki anak lahir dengan berat badan yang cukup," pungkasnya.

    Bahkan, kata Prof. DR. Dr. Nurpudji, berdasarkan suatu penelitian anak umur satu tahun, apakah benar ada perbedaan pemberian MSG dewasa dan anak. Ternyata, dengan dosis tertentu tidak ada perbedaannya.

    "Jadi kalau kita katakan berbahaya, semua bisa berbahaya kalau berlebihan. Karena kita tahu natrium MSG tidak lebih besar dibandingkan garam," ucapnya.

    Sementara itu, Prof. Dr. Ali Khomsan, MS. menanggapi micin kerapkali dikaitkan dengan penyebab kebodohan atau menurunnya tingkat berpikir.

    "Kaitannya karena efeknya bisa bikin kepala keleyengan atau pusing dan susah untuk berpikir kalau kebanyakan konsumsi. Memengaruhi pola pikirnya jadi lebih lambat," tuturnya.

    MSG memiliki kandungan natrium sebesar 12 persen. Sedangkan natrium dalam garam mencapai 36 persen. Sementara WHO (World Health Organization) menyatakan MSG aman dikonsumsi, namun tidak ada data yang menyebutkan batasan takaran pastinya.

    Berdasarkan peraturan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan Kementerian Kesehatan, MSG pun diyakini aman dikonsumsi. Hal ini tertera dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 33 Tahun 2012.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id