Kapan Seharusnya Masker Dipakai?

    Kumara Anggita - 11 Februari 2020 11:34 WIB
    Kapan Seharusnya Masker Dipakai?
    WHO hanya merekomendasikan penggunaan masker ini di kasus spesifik. (Foto: Zhipeng Ya/Unsplash.com)
    Jakarta: Virus korona yang menggemparkan dunia membuat masyarakat cemas. Karena itu, semua cara dilakukan agar tidak tertular.

    Salah satu cara untuk menghindari penyakit ini adalah dengan menggunakan masker. Akhirnya, sekarang semua orang berlomba-lomba membeli masker untuk memproteksi diri.

    Padahal menurut WHO, masker hanya perlu digunakan ketika Anda batuk, demam, dan sesak napas atau setidaknya Anda sedang merawat orang yang diduga terkena virus korona.

    “WHO hanya merekomendasikan penggunaan masker ini di kasus spesifik.  Kalau Anda batuk, demam, atau sesak napas harus pakai ini dan ke tenaga kesehetan. Kalau tidak, Anda tak usah pakai karena tidak ada bukti bahwa masker ini melindungi yang tak sakit,” ujar Consultant Infection Prevention and Control WHO HQ, Christine Francis dalam sebuah video.

    “Namun kalau Anda sakit dan sedang mengurus orang yang mungkin terinfeksi virus
    korona baru maka Anda pakai masker di mana pun Anda satu ruangan dengannya,” jelasnya. Ditambah menjaga kebersihan tangan Anda juga bagian terpenting dari langkah preventif penularan.

    “Masker seperti ini tidak bisa memproteksi Anda seutuhnya dari korona virus bila hanya digunakan sendiri. Saat pakai harus dikombinasikan dengan kebersihan tangan dan ukuran preventif lainnya,” lanjutnya.

    Pastikan bagian mulut, hidung, dan pipi Anda tertutup. Jangan sampai permukaan depan masker tersentuh oleh tangan Anda.

    Itulah waktu yang tepat untuk menggunakan masker. Bila persediaan masker sudah tak banyak lagi, Anda tak perlu khawatir selama Anda dalam keadaan sehat dan tak bersama orang yang terjangkit virus korona.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id