Mengapa saat Menguncir Rambut Kepala Terasa Sakit?

    Raka Lestari - 14 Desember 2019 16:04 WIB
    Mengapa saat Menguncir Rambut Kepala Terasa Sakit?
    Kuncir kuda merupakan salah satu teknik menguncir rambut yang paling sering dilakukan dan bisa membuat kepala Anda terasa sakit. (Ilustrasi/Pexels).
    Jakarta: Kuncir kuda merupakan salah satu teknik menguncir rambut yang paling sering dilakukan. Dan juga bisa membuat kepala Anda terasa sakit, terutama jika Anda menguncir rambut terlalu kencang dn dalam waktu yang cukup lama.

    “Para ahli biasa menyebutnya ‘ponytail headache’ sebagai sebutan yang lebih umum dari external-traction headache atau sakit kepala eksternal-traksi,” ujar Wade Cooper, profesor asosiasi dan direktur University of Michigan Headache dan Neuropathic Pain Clinic, seperti dilansir huffpost.

    Menurut Cooper, penjelasan dari hal tersebut adalah ada saraf yang sensitif terhadap rasa sakit di kulit kepala. “Ketika ada daya Tarik pada kulit kepala, seperti sensasi tarikan, pada awalnya tidak akan terasa sakit namun semakin lama akan semakin menumpuk dan saraf-saraf akan menjadi semakin sensitif. Akhirnya hal tersebut mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak,” ucapnya.

    Ponytail headaches juga merupakan contoh dari fenomena yang dinamakan llodynia, menurut Kiran Rajneesh, asisten profesor neurologi dan direktur divisi neurological pain di The Ohio State University Wexner Medical Center.

    "Allodynia adalah istilah medis untuk menggambarkan ketika sensasi sentuhan dirasakan sebagai rasa sakit oleh otak," jelasnya. “Dan pada ponytail headaches, tarikan pada rambut dianggap sebagai nyeri atau sakit kepala oleh otak.” Contoh lain dari allodynia mungkin sakit karena menyisir rambut atau mencukur wajah Anda.

    "Stimuli yang seharusnya tidak menyakitkan menjadi menyakitkan," kata Deena Kuruvilla, asisten profesor neurologi di Yale School of Medicine.

    Menurutnya, seharusnya menguncir rambut dengan teknik kuncir kuda tidak menyakitkan, tetapi itu bisa saja terjadi. "Saraf kulit kepala superfisial bisa sensitif," imbuhnya.

    Jika Anda memiliki gangguan rasa sakit dan secara teratur megalami sakit kepala saat menguncir rambut, maka mencari perawatan untuk gangguan yang mendasarinya mungkin merupakan langkah yang paling penting.

    “Biasanya dengan membetulkan posisi kuncir kuda dapat meredakan sakit kepala, melepas ikatan kuncir kuda selama satu jam atau lebih juga bisa membantu,” kata Rajneesh.

    “Cara-cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengepang rambut, mengubah garis rambut, atau cara Anda memotong rambut. Terkadang mengubah cara Anda membelah rambut dapat membantu,” tuturnya.

    Dan bahkan jika Anda harus menguncir rambut secara kencang untuk suatu acara, Anda dapat mengurangi rasa sakit dengan melepaskan kunciran Anda sesegera mungkin sesudahnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id