Gaya Hidup Sehat Obat Alami Demensia

    Dhaifurrakhman Abas - 01 Agustus 2019 08:06 WIB
    Gaya Hidup Sehat Obat Alami Demensia
    Ilustrasi--(Foto: Thehealthsite)
    Peneliti mengungkapkan alzheimer bisa diatasi lewat faktor gaya hidup. Diantaranya menyetop kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.


    Jakarta: Belum ada banyak berita baik tentang pengobatan Alzheimer. Percobaan pengobatan yang dilakukan Biogen pada Maret lalu juga disebut belum memuaskan.

    Tetapi sepasang penelitian yang dipresentasikan Alzheimer's Association International Conference melaporkan hasil yang menggembirakan. Alzheimer disebut bisa diatasi dengan pendekatan non-obat.

    Penelitian yang dipimpin Dr. Klodian Dhana dari Rush University Medical Center di Chicago misalnya. Melansir Time, Dhana beserta tim peneliti melakukan survei terhadap 2.500 orang selama hampir satu dekade.

    Hasilnya, peneliti mengungkapkan alzheimer bisa diatasi lewat faktor gaya hidup. Hal tersebut diantaranya adalah diet, kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, jumlah aktivitas fisik waktu luang yang dilakukan setiap minggu serta bagaimana aktivitas kognitif yang dilakukan.

    Para peneliti menemukan orang-orang memiliki tingkat demensia alzheimer lebih rendah ketika menjalankan diet rendah lemak, tidak merokok, berolahraga setidaknya 150 menit setiap minggu. Aktivitas sehat juga termasuk minum cukup air dan terlibat dalam beberapa aktivitas kognitif.

    Bahkan, menurut Dhana, risiko kian rendah seiring semakin banyak aktivitas sehat yang dipatuhi, dibandingkan dengan mereka yang hanya mengikuti satu perilaku gaya hidup sehat saja.

    Dhana menyebut, mereka yang mengikuti dua atau tiga faktor gaya hidup sehat mengurangi risiko terkena demensia Alzheimer sebesar 39 persen. Sementara mereka yang mengikuti empat atau lima perilaku sehat mengurangi risiko sebesar 59 persen.

    “Kami mengharapkan untuk menemukan efek perlindungan dari faktor-faktor ini pada risiko demensia. Tapi kami terkejut dengan besarnya efeknya,” kata Dhana.

    Dhana menegaskan, mecegah demensia alzheimer melalui pola hidup sehat tak pandang bulu. Dia mengklaim orang-orang dengan faktor risiko genetik seperti ApoE4 tetap memiliki risiko demensia alzhemeir rendah jika mengadopsi perilaku gaya hidup yang lebih sehat.

    Dalam studi lain diungkapkan dalam penelitian yang diterbitkan JAMA. Penelitian itu menganalisis data dari hampir 200.000 orang yang terdaftar dalam studi Biobank di Inggris.

    Penelitian ini merupakan sebuah studi jangka panjang dengan responden orang lanjut usia yang berkontribusi terhadap berbagai penyakit. Hal ini termasuk kanker, penyakit jantung, depresi dan demensia.

    Para ilmuwan lantas menyusun daftar hampir 250.000 varian genetik yang diduga memiliki efek pada semua jenis demensia termasuk Alzheimer. Kemudian para ilmuwan tersebut membuat skor risiko yang berkontribusi terhadap demensia.

    Tim peneliti juga menciptakan skor gaya hidup untuk semua peserta berdasarkan empat perilaku tidak sehat, merokok, olahraga, diet, dan konsumsi alkohol.  Hasilnya keseluruhan studi menyebut orang-orang dengan faktor risiko genetik memiliki risiko lebih tinggi terkena demensia dibandingkan dengan mereka yang memiliki skor risiko genetik lebih rendah, tetapi berperilaku hidup tak sehat.

    "Pesan inti dari temuan ini adalah bahwa apa pun risiko genetik mereka, orang mungkin dapat memperoleh manfaat dari gaya hidup sehat," kata penulis studi JAMA, David Llewellyn, dari University of Exeter.


     



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id