Penyebab Tumit Pecah-pecah

    Raka Lestari - 19 November 2019 15:06 WIB
    Penyebab Tumit Pecah-pecah
    Tumit yang kasar dan pecah-pecah adalah sesuatu yang umum terjadi. (Ilustrasi/Pexels).
    Jakarta: Tumit yang kasar dan pecah-pecah adalah sesuatu yang umum terjadi. Ada banyak orang yang mengalami hal tersebut juga.

    Jangan takut bahwa Anda tidak merawat tumit dengan baik jika Anda mengalaminya karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati tumit yang kasar dan pecah-pecah.

    Dilansir dari Reader’s Digest, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat tumit yang pecah-pecah:

    Menggunakan krim khusus untuk kaki

    Pelembap yang biasa Anda gunakan untuk tubuh tidak cukup untuk mengatasi tumit yang pecah-pecah. Podiatris Jacqueline Sutera, DPM, anggota Vionic Innovation Lab merekomendasikan penggunaan krim yang khusus diformulasikan untuk kulit kaki yang cenderung lebih keras. “Krim khusus kaki memiliki asam lembut namun efektif membantu mengatasi tumit yang pecah-pecah,” katanya.

    Mencari tahu bahan pembuatnya

    Jika Anda mengalami tumit yang pecah-pecah, Anda harus menggunakan pelembap kaki setiap hari. Sebaiknya pilih produk yang mengandung urea, asam laktat atau asam salisilat. Podiatris dari New York, Emily Splichal, DPM menyarankan juga untuk menggunakan produk yang mengandung minyak kelapa agar kulit menjadi lebih halus.

    Melakukan eksfoliasi

    Melakukan ekfsoliasi pada tumit yang pecah-pecah juga sangat disarankan karena dapat mengganti sel-sel kulit mati dengan sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Dr Splichal mengatakan bahwa eksfoliasi pada tumit diperbolehkan, namun ia merekomendasikan untuk mengetesnya pada area kecil terlebih dahulu sebelum melakukannya pada keseluruhan kaki Anda.

    Gunakan alat penggosok kaki

    Foot file atau alat yang digunakan untuk menggosok kaki agar sel-sel kulit mati menghilang bisa digunakan untuk mengatasi tumit yang pecah-pecah, menurut Dr Sutera. “Perlu diingat, saat menggunakan foot file usahakan untuk menggosoknya secara satu arah untuk mencegah agar tidak merobek kulit lebih banyak.”

    Menggunakan petroleum jelly

    Setelah Anda mandi pagi, gunakan petroleum jelly pada tumit Anda. “Petroleum jelly berfungsi sebagai sealant, yang mengunci kelembapan yang diserap kulit saat mandi,” kata Dr Splichal. Jika Anda mandi sebelum tidur, bisa membungkus kaki dengan plastik setelah mengaplikasikan petroleum jelly.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id