Enam Camilan Sehat yang Disukai Anak-anak

    Sunnaholomi Halakrispen - 22 Juni 2019 13:00 WIB
    Enam Camilan Sehat yang Disukai Anak-anak
    Enam Camilan Sehat yang Disukai Anak-anak (Foto: ist)
    Jakarta: Anak-anak yang sedang tumbuh sering merasa lapar di antara waktu makan mereka. Namun, banyak makanan ringan kemasan untuk anak-anak yang tidak sehat. Biasanya dipenuhi sering penuh dengan tepung olahan, gula tambahan, dan bahan buatan.

    Waktu camilan merupakan sebagai peluang besar untuk menyelinapkan beberapa nutrisi tambahan ke dalam makanan anak Anda. Isilah perut anak Anda dengan makanan utuh yang akan memberikan energi dan nutrisi. Berikut daftar makanan yang disukai anak-anak.

    1. Popcorn

    Anda mungkin menganggap popcorn sebagai makanan sampah atau tidak sehat. Namun, popcorn benar-benar biji-bijian bergizi selama Anda tidak mencampurkannya dengan topping yang tidak sehat.

    Raciklah popcorn Anda sendiri, lumuri dengan sedikit mentega dan taburi keju prmesan parut di atasnya. Namun, berhati-hatilah saat menawarkan popcorn kepada anak-anak yang lebih kecil seperti balita, karena dapat menjadi bahaya tersedak.

    2. Kentang manis panggang

    Kentang merupakan sumber terkaya beta-karoten, nutrisi yang dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh Anda. Ini berkontribusi pada kesehatan mata dan kulit. Kentang goreng buatan sendiri yang dipanggang adalah alternatif bergizi untuk kentang goreng.

    Caranya, kupas dan potong kentang manis. Kemudian, aduk kentang dalam minyak zaitun dan taburi dengan garam. Panggang di atas oven dengan suhu 220 derajat celcius selama 20 menit. Anak-anak akan sangat menyukainya sebagai camilan.

    3. Kacang

    Kacang-kacangan kaya akan lemak sehat, bersama dengan serat, dan antioksidan. Lemak diet penting untuk mendukung pertumbuhan pada anak-anak. Dokter biasanya merekomendasikan menahan kacang dari anak-anak karena risiko reaksi alergi.

    Akan tetapi, bukti yang lebih baru menunjukkan bahwa memasukkan kacang pada usia dini menurunkan risiko ini. Meskipun demikian, kacang bisa menjadi bahaya tersedak, jadi pastikan anak Anda bisa menangani tekstur sebelum memberi kacang sebagai camilan.

    4. Oatmeal

    Oatmeal bukan hanya merupakan sarapan sehat untuk anak-anak, tetapi juga bisa sebagai camilan yang enak. Oat mengandung serat larut tinggi, yang meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di saluran pencernaan, bersama dengan manfaat kesehatan lainnya.

    Lewati penambahan rasa yang tinggi gula. Buatlah oatmeal Anda dengan gandum utuh, tambahkan sekitar 1/8 sendok teh kayu manis dan madu untuk rasa manis. Jika Anda membuat oatmeal dengan susu alih-alih air, justru akan menambah protein dan kalsium tambahan.

    5. Smoothie buah

    Ini cara yang baik untuk mengemas banyak nutrisi ke dalam camilan si kecil. Kandungan bergizi dalam buah dan syuran yang dijadikan smoothie baik untuk tumbuh kembang anak Anda.

    Dengan manisnya buah, anak Anda mungkin tidak menyadari bahwa mereka tengah menyantap sayuran di dalamnya. Gunakan bahan-bahan segar dan hindari jus buah yang tinggi gula.

    6. Seledri dengan selai kacang dan kismis

    Seledri dengan selai kacang dan kismis, kadang-kadang disebut sebagai semut di atas kayu. Anak-anak akan menganggapnya sebagai cara yang menyenangkan untuk membuat anak Anda makan sayur.

    Potong seledri menjadi tiga atau empat potong, lumurkan dengan selai kacang di dalam seledri, dan atur beberapa kismis di atas selai kacang itu. Gabungan tiga bahan makanan ini memberikan keseimbangan karbohidrat, protein, dan lemak yang baik. Pastikan untuk membeli selai kacang tanpa tambahan gula atau minyak sayur.

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id